Zuppa Soup, Menu ala Italia, Harga Kaki Lima

Amelia Dwi Marthasari baru tiga bulan ini menjalankan usaha keripik singkong berlabel Rema Remah. Meski begitu, hasilnya sudah melebihi ekspektasi dia sendiri.

MALANG KOTA – Sup krim yang bertutup pastry bernama zuppa soup biasanya menjadi menu andalan di restoran-restoran mewah dan hanya dinikmati konsumen kelas atas. Namun, di tangan HD Wijaya dan istrinya Yeny Krismanawati, menu yang diadopsi dari Italia tersebut dibuat sesuai cita rasa Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Seporsi zuppa soup sangat cocok bila dinikmati dalam keadaan hangat, apalagi saat Kota Malang bersuhu dingin. ”Kalau biasanya zuppa soup itu creamy dan kental. Zuppa soup punya kita tidak terlalu creamy, menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia,” ujar Wijaya, owner UMKM Hot Zuppa.

Sup krim yang dibuat bersama istrinya itu menggunakan susu untuk menggantikan bahan krim yang biasa digunakan restoran-restoran mewah. Sup krim dari bahan susu lalu dicampur dengan jagung dan jamur kancing, kemudian ditutup dengan pastry yang terbuat dari tepung terigu.

”Sup krimnya terlebih dulu dimasak, kemudian ditutup dengan adonan terigu. Setelah itu, di-oven dan tepung terigu sebagai penutup tadi akan mengembang menjadi pastry,” jelas alumnus diploma perhotelan food and beverage salah satu kampus di Solo ini. Kemudian, agar kehangatan zuppa soup lebih awet dengan menggunakan wadah alumunium foil.

Selain membuka gerai di kawasan Sawojajar mulai pukul 17.00–21.00, Hot Zuppa juga menerima pesanan. Selain itu, zuppa soup hadir di Car Free Day (CFD) Jalan Simpang Balapan setiap Minggu. Kini Wijaya dan istrinya sudah menjadi langganan beberapa hotel berbintang di Malang. ”Sekali pesan, biasanya 500 porsi,” kata pria kelahiran Karanganyar, 22 Oktober ini.

Biasanya, saat acara wedding, dia melanjutkan, zuppa soup selalu habis yang kali pertama.

”Mungkin karena bentuknya yang unik dan rasanya bikin penasaran orang. Jadi, selalu kepingin mencobanya,” jelas warga Jalan Ki Ageng Gribig, Perumahan Bulan Terang Utama Blok UJ 32 No 22 ini.

Zuppa soup tersedia dalam empat varian, yakni zuppa orisinal seharga Rp 11.000, zuppa sosis Rp 12.000, zuppa keju Rp 13.000, zuppa keju sosis Rp 14.000 per porsi. Selain menu utama zuppa soup, tersedia pula menu lainnya seperti mac cheese Rp 10.000 , crispy pastry Rp 10.000, resoles mayo Rp 4.000 , dan es teler caramel seharga Rp 8.000 per porsi.

Ditanya soal awal mula membuka usaha zuppa soup, Wijaya menyatakan, sekitar 2010 lalu, dia dan keluarganya berjalan-jalan di kawasan Solo. Saat itu, dia melihat kerumunan orang membeli zuppa soup.

”Kok ramai ya, saya ikut nyobain. Ternyata enak. Biasanya kan zuppa soup adanya cuma di restoran mewah,” ujarnya. Lalu, dia mencoba-coba membuat sendiri zuppa soup, kemudian dijual kepada teman-temannya di kantor. Saat itu, Wijaya bekerja sebagai tenaga outsourcing PLN di Ponorogo.

Lalu, pada 2013, Wijaya beserta istri dan putra-putrinya pindah ke Malang. Di sinilah dia melihat peluang menjual kuliner zuppa soup. ”Dulu cuma delivery order, promosi lewat Facebook, WhatsApp, dan BBM,” ujar bapak dua anak ini.

Lalu, untuk memperluas pemasaran, Wijaya mengikuti komunitas Malang Kuliner di Facebook. Sejak itu nama Hot Zuppa dikenal di Malang sebagai spesialis zuppa soup yang harganya terjangkau. ”Sempat tidak bisa memenuhi pesanan waktu awal-awal jualan. Sampai harus preorder dulu dua hari sebelumnya,” ujar pria yang bekerja di agen tour dan travel ini.

Adapun bagi pembaca yang berminat terhadap bisnis UKM Zuppa Soup ini bisa menghubungi HD Wijaya di 081393227071 Jl. Perum Bulan Terang utama Blok UJ 32 No. 22 Jl. Ki Ageng Gribig Malang (nr8/c2/lid)