JawaPos.com – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menyempatkan diri untuk ziarah ke makam pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan dan makam Pendiri HMI Lafran Pane di Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Jogjakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Jumat (22/3). Apa yang telah dilakukan tokoh itu semasa hidupnya, menurut Sandiaga sangat menginspirasi.

“Kami betul-betul terinspirasi, mencerahkan yang diinspirasikan oleh almarhum KH Ahmad Dahlan. Hari ini di Jogja, kita melihat bahwa di seluruh negeri banyak sekali sumbangsih dari gerakan Muhammadiyah yang diinisiasi,” katanya, usai melakukan ziarah.

Sandiaga juga mengatakan, mendapatkan motivasi bagaimana membangun bangsa ini dengan semangat Indonesia yang berkemajuan. Mencerahkan kehidupan masa depan masyarakat dari segi pendidikan, kesehatan dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

“Termasuk juga harapan kita gerakan Muhammadiyah terus menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan Indonesia,” ucapnya.

Sandiaga beserta rombongan tiba di kompleks Makam di Kampung Karangkajen, Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Jogjakarta sekitar pukul 11.00 WIB. Setelah melakukan doa ke makam KH. Ahmad Dahlan, kemudian dilanjutkan di makam pahlawan nasional Lafran Pane yang juga hanya dalam satu kompleks.

Setelah itu Sandiaga bersilaturahmi dengan warga Muhammadiyah di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Jogjakarta. Kemudian bertolak ke Kabupaten Kulon Progo untuk mengunjungi Usaha Kecil Menengah (UKM) Batik di Kecamatan Pengasih dan acara  panen raya dan peternak di Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo.

Editor           : Sari Hardiyanto

Reporter      : Ridho Hidayat