Ziarah ke Makam Soedirman, Ketua BPN 02: Kami Nggak Bisa Minta Restu

JawaPos.com – Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi, Djoko Santoso ziarah ke makam Jenderal Besar Soedirman di Kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Kota Jogjakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Rabu (27/2). Di sana, mantan Panglima TNI itu tampak berdoa.

Selanjutnya, Djoko Santoso berkomentar tentang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. “Jangan karena Pilpres, kami sebagai bangsa pecah. Jangan menimbulkan konflik, jangan terprovokasi. Karena kalau kami tidak bisa menjaga persatuan, yang ketawa orang lain,” kata Djoko Santoso di TMP Kusumanegara.

Ziarah ke makam merupakan kultur bangsa Indonesia. Djoko Santoso menampik jika kegiatan yang dilakukan untuk meminta restu terkait Pilpres 2019. “Kami nggak bisa meminta restu. Minta restu itu kepada Tuhan. Kami ziarah mendoakan dan minta kekuatan lahir batin agar bisa meneladani beliau (Jenderal Besar Soedirman). Pantang menyerah dan mencintai bangsanya,” terang Djoko Santoso.


ZIARAH: Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Djoko Santoso berziarah di makam Jenderal Soedirman, Rabu (27/2). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)


Relawan Prabowo-Sandi dari Jawa Tengah (Jateng) Bibit Waluyo menambahkan, ziarah ini merupakan rangkaian acara Prabowo Menyapa Masyarakat DIJ dan Jateng. “Ini keluarga besar purnawirawan TNI/Polri dalam rangka acara Prabowo menyapa, didahului dengan ziarah Jenderal Soedirman,” kata mantan Gubernur Jateng itu.

Acara Prabowo Menyapa akan dilakukan di Grand Pasific Hall, Jalan Magelang, Kabupaten Sleman, Rabu (27/2) siang. Prabowo dijadwalkan hadir langsung.

Sekitar 4 ribu orang juga akan hadir dalam deklarasi dukungan tersebut. Di antaranya 700 purnawirawan TNI/Polri dari DIJ, 900 purnawirawan dari Jateng, 300 alumni berbagai universitas di Jateng dan DIJ, serta bebagai komponen relawan sebanyak 1.875 orang.

Editor           : Sofyan Cahyono

Reporter      : Ridho Hidayat