Ziara ke makam Sunan Bonang, Khofifah sempat meneteskan air mata

Ziara ke makam Sunan Bonang, Khofifah sempat meneteskan air mata

Khofifah Indar Parawansa bersama timnya saat berziarah ke makam Sunan Bonang, Tuban, Selasa malam (20/3)
(istimewa)

RADAR MALANG ONLINE – Disela kunjungannya ke Kabupaten Tuban, calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri berziarah ke makam Sunan Bonang, Tuban, Selasa (20/3) malam.

Setibanya di makam salah satu Wali Songo itu, Khofiah yang didampingi oleh ketua tim pemenangan M Roziqi beserta perwakilan dari partai pengusung langsung melakukan pembacaan doa-doa tahlil.

Ketua Umum Muslimat NU itu nampak begitu khusyuk, dengan mata berkaca-kaca, Khofifah juga berkali-kali mengusap air matanya. Selesai ziarah, Khofifah menjelaskan, Sunan Bonang merupakan satu diantara anggota Wali Songo yang dikenal membangun toleransi keberagaman Tuban.

“Di Tuban, ada miniatur Bhinneka Tunggal Ika, tepatnya berada di sekitar alun-alun Tuban. Ada juga Kalpataru di sini, bukan Kalpataru yang kebersihan, tapi Kalpataru itu menunjukkan keberagaman keagamaan di sini,” jelas Khofifah.



Benar saja, di sekitar alun-alun Tuban terdapat beberapa bangunan tempat ibadah, diantaranya Kelenteng, Masjid, Vihara, Gereja yang berdiri kokoh berdampingan.

Mantan Menteri Sosial itu mengakui bahwa di Tuban adalah satu diantara miniatur keberagaman yang masih eksis hingga sekarang. Keberagaman tersebut patut ditiru dan harus tetap dijaga.

“Ini jarang sekali ini terkomunikasikan, ini sejarah bagaimana Bhinneka Tunggal Ika terwujud di Tuban,” pungkasnya.


(mkd/JPC)