Yon Koeswoyo Meninggal Dunia Sinergi Jawa Pos

Vokalis sekaligus pemetik gitar band lawas Koes Plus tersebut diketahui meninggal di kediamannya, Tangerang Selatan pada Jumat (5/1) pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Yon Koeswoyo diketahui mengidap penyakit diabetes yang sudah lama dideritanya. Informasi yang beredar, Jenazah Yon nantinya bakal dikuburkan bersama dengan almarhum kakaknya, Tonny Koeswoyo.

“Ini jelas berita duka untuk Indonesia. Beliau ini bukan hanya seorang musisi hebat tapi juga pribadi yang santun. Rencananya, beberapa perwakilan Koes Plus Fans Surakarta akan berangkat sore ini ke Tangerang,” ucap Koes Plus Fans Surakarta, H. Dandun pada Jawa Pos Radar Solo, Jumat (5/1).

Dimata fans, Yon Koeswoyo bukan hanya seorang yang mengispirasi lewat lagunya melainkan juga sebagai sosok yang akrab dengan para penggemar. Oleh sebab itu, kepergiannya meninggalkan duka mendalam di hati penggemar. “Mas Yon ini sangat dekat dengan teman-teman komunitas. Bahkan, dia sempat mengapresiasi keberadaan Koes Plus Fans Surakarta sebagai salah satu komunitas terbesar dan tereksis,” beber Dandun.

Satu hal yang dia ingat adalah pengalaman tak terlupakan di tahun 90-an, ketika dirinya bisa satu mobil dengan sosok inspiratif tersebut. Kala itu, Yon Koeswoyo berada di sebuah mobil yang ia kemudikan. “Beliau ini tak melulu mampir ke Solo untuk manggung. Kadang hanya sebatas ngobrol dan temu kangen dengan kawan komunitas,” ungkap Dandun.

Bagi penggemar seperti dirinya, Yon Koeswoyo dan Koes Plus merupakan angin segar di kancah musik Indonesia pada awal kemunculannya 1969 silam. Musiknya yang dinamis dengan nuansa Rock and Roll terbukti mampu membius kalangan anak muda waktu itu.

(rs/ves/bay/JPR)