Yenny Wahid dan Ibunda Jokowi Hadiri Haul ke-9 Gus Dur di Solo

JawaPos.com- Puncak Haul ke-9 Kanjeng Pangeran Aryo (KPA) KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dihadiri ribuan peserta, Sabtu malam (23/2). Selain dari Gusdurian dari berbagai kota, haul Gus Dur turut dihadiri oleh putri kedua Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang akrab disapa Yenny Wahid; ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi) , Sudjiatmi Notomiharjo. Sementara itu, Presiden Jokowi sendiri yang sebelumnya sudah diundang tidak bisa hadir.

Yenny Wahid menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnyarnya terhadap Haul Gus Dur yang dipusatkan di Solo. Menurutnya, gelaran haul ini cukup berbeda dengan acara serupa yang dihelat di beberapa kota lainnya.


“Di sini ada dialog, pengajian, kirab, dan juga yang lainnya. Saya mengapresiasi masyarakat Surakarta dan juga Pemkot Solo,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Haul Gus Dur Hussein Syifa menyampaikan, Solo dipilih sebagai lokasi puncak Haul karena bentuk penghormatan terhadap Gus Dur yang pernah mendapatkan gelar dari keraton Kasunanan Surakarta.

“Gelar KPA itu merupakan gelar tertinggi. Karena simbol itu, Gus Dur tidak bisa dilepaskan dari keberagaman,” terangnya.

Selain itu, haul juga untuk menghargai kearifan lokal dan budaya. “Beliau mempunyai banyak kenangan di Solo,” katanya.

Suasana Haul Gus Dur di Stadion Sriwedari Solo berlangsung khidmat. Para Gusdurian dari berbagai kota dan juga Solo Raya tumplek blek jadi satu. Selain itu ada juga Banser dan masyarakat umum.

Meski kondisi lapangan Sriwedari becek setelah diguyur hujan, hal itu tidak menyurutkan antusiasme peserta untuk menghadiri Haul ke-9 Gus Dur. Sejumlah pejabat juga terlihat hadir. Antara lain Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro. Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, dan juga pejabat lainnya.

Editor           : Dida Tenola

Reporter      : Ari Purnomo