Xpander Bronze Paling Banyak Dilirik di GIIAS 2018

SURABAYA – Gelaran sembilan hari pameran mobil baru paling bergengsi di tanah air, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2018  tadi malam (23/9) ditutup dengan senyuman lebar dari para agen tunggal pemegang merek (ATPM) yang menjadi peserta pameran. Jawa Pos Radar Malang yang hadir secara khusus di pameran tersebut, sejumlah diler yang ditemui mengaku angka penjualannya cukup signifikan.

Mulai dari mobil kelas multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), city car, dan sport memanjakan ribuan pasang mata penikmat mobil. Apalagi, sejumlah pabrikan melakukan show unit untuk menunjukkan mobil keluaran terbaru mereka. Mitsubishi Xpander misalnya, menjadi lirikan banyak pengunjung. Stan di lantai 3 Grand City Surabaya, ada 6 diler Mitsubishi di Jatim bergabung menjadi satu stan. ”Yang paling laku Xpander Bronze. Karena ini adalah varian baru dirilis,” tutur marketing Debby Rizkita Damayanti kepada Jawa Pos Radar Malang yang secara khusus menengok malam penutupan pameran otomotif paling bergengsi di tanah air ini.

Sementara di lantai 1, stan Wuling Motors memperlihatkan tingginya antusiasme pengunjung. Pabrikan gabungan teknologi dari negeri China dan Eropa tersebut menampilkan sejumlah mobil andal di antaranya, Cortez dan Convero. Branch Manager Wuling Motors di Sidoarjo Elfa Pramudya menyatakan, penjualan mobil dalam sebuah event, sejauh ini masih stabil.

Wuling Motors sendiri terus menunjukkan perkembangan peningkatan angka penjualan. ”Dua seri ini Convero dan Cortez sangat dilirik peminat mobil kelas MPV,” jelasnya. Dalam 9 hari gelaran GIIAS Surabaya 2018 ini, pihaknya menutup dengan 70 persen penjualan. Padahal, perusahaan menargetkan penjualan sebanyak 400 unit, lebih tinggi dari target penjualan pada gelaran GIIAS sebelumnya yaitu 250 unit. ”Gelaran sebelumnya, kami laku 100 persen, ini nanti sampai GIIAS ditutup, kami yakin angka penjualan mencapai 75 persen,” sambungnya.

Di stan lain, Honda juga berjaya. Chief of Marketing Communication Honda Surabaya Center (HSC) Ingelina Aprilliawati menyebut bahwa event seperti GIIAS dan lainnya tentu dapat menyuplai energi penjualan aneka varian produk Honda. ”Memang ada target penjualan dalam sebuah event. Seperti kami targetkan penjualan sebesar 30 persen dari penjualan bulanan. Dan itu faktanya terpenuhi,” tutur Ingelina. Dalam sebulan, Honda Surabaya, dia menyatakan, mampu menjual antara 1.500–2.000 unit mobil.



Dia mengakui jika GIIAS ini dapat mendatangkan konsumen dari luar area penjualan. Ingelina menyebut ada yang datang dari Malang, Blitar, dan sebagainya. Sebab, menurut dia, Surabaya sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Timur menjadi tujuan konsumsi yang lengkap. ”Target market di Surabaya kan beda ya dengan di Malang. Jadi, kalau event ini di Malang mungkin peminatnya yang kurang,” tandasnya.

Pewarta: Fajrus Shidiq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Mardi Sampurno
Fotografer: Darmono