Wujudkan Program Sejuta Rumah, KADIN akan Kerjasama dengan Pemerintah

JawaPos.com – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) menyatakan siap bekerjasama dengan pemerintah untuk penyelesaian berbagai program pemerintah di sektor properti. Apalagi, pertumbuhan industri masih melesu sampai dengan tahun ini.

Sebagaimana diketahui, KADIN mencatat, kontribusi sektor properti terhadap pertumbuhan ekonomi selama lima tahun terakhir masih di bawah 3 persen. Di sisi lain, pertumbuhan sektor properti hanya berada dikisaran 3,85 persen pada 2018.

Karena itu, Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan Roeslani menyatakan, pihaknya bersedia membangun kerjasama dengan pemerintah. Di antaranya dalam penyedian program pembangunan perumahan sejuta rumah, rumah susun sampai dengan rumah subsidi.

“Kami dari dunia usaha siap bekerjasama dengan pemerintah. Kami juga akan ambil bagian dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia,” kata Rosan di Jakarta, Rabu (18/9).

Ia memahami program penyediaan rumah murah kepada masyarakat bukanlah tugas yang mudah. Apalagi, rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang sulit dipenuhi. Tantangan ke depan bukan hanya rumah murah, tetapi masih banyak pula rumah yang tidak layak huni.

“Itu merupakan tugas berat dan tantangan bagi semua pemangku kepentingan di bidang ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, KADIN memberikan apresiasi terhadap pemerintah yang telah banyak memberikan insentif terhadap industri properti. Namun begitu, masih banyak aturan-aturan yang dianggap menjadi pengganjal pelaku usaha.