Wow! Lukisan Yesus Ini Laku Dilelang Rp 6 Triliun

Wow! Lukisan Yesus Ini Laku Dilelang Rp 6 Triliun - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE, NEW YORK – Sebuah lukisan yang diyakini sebagi karya Leonardo da Vinci laku dengan harga fantastis. Lukisan Kristus berjudul ‘Salvator Mundi’ (Juru Selamat Dunia) itu terjual dengan harga USD 450 juta atau setara Rp 6 triliun dalam sebuah lelang di New York, Amerika Serikat.

Dilelang di Balai Lelang Christie, penawaran dibuka dari harga USD 100 juta dan berakhir di angka USD 400 juta. Plus biaya-biaya lain, pemenang lelang harus membayar USD 450,3 juta. Fantastis.

Namun, meski harganya selangit, proses lelang berlangsung cepat. Hanya 20 menit, lelang yang berlangsung seru itu berakhir dengan ketukan palu.

Lukisan itu menunjukkan sosok Kristus dengan satu tangan terangkat dan yang lain memegang bola kaca. Pada tahun 1958 lukisan itu dijual di rumah lelang di London dengan harga hanya GBP 45 (Rp 800 ribu).



Saat itu, lukisan tersebut diklaim sebagai bikinan penggemar Da Vinci. Namun, setelah melewati serangkaian penelitian, lukisan itu dipastikan sebagai karya Da Vinci.

Ketika Salvator Mundi muncul kembali pada tahun 2005, dunia melabelinya sebagai Leonardo yang Hilang.

Setelah tur singkat keliling dunia dengan pemberhentian di Hongkong, San Francisco, dan London, lukisan itu pun dilelang.

Karya tersebut diyakini hanya satu dari 20 lukisan Da Vinci yang dibikin sekitar tahun 1500 dengan menggunakan teknik layering yang sangat rumit. Saking rumitnya, butuh waktu tahunan untuk menyelesaikan satu lukisan.

Sumber : RADAR MALANG ONLINE

Source link