Wisuda 1078 Mahasiswa, Unikama Kuatkan Lulusan Dengan Character Building Masuki Revolusi Industri 4.0

MALANG – Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang) baru saja mewisuda 542 mahasiswanya, Sabtu, (19/10). Ya, wisuda kali ini, Unikama memang membagi dalam dua hari. Hari kedua esok Unikama melanjutkan prosesi dengan meluluskan 536 mahasiswa.

Mengambil tema penguatan National Character Building Melalui Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0, Unikama ingin terus membunyikan lonceng peringatan kepada pelaku pendidikan, dosen maupun mahasiswa.

“Kita harus tetap waspada ketika berada dalam suatu rezim sosial yang di dalamnya dihadapkan dengan perubahan sebagai akibat dari kemajuan IPTEK,” tegas Rektor Unikama, Dr Pieter Sahertian MSi dihadapan orang tua dan mahasiswa yang di wisuda.

Menurutnya, Revolusi Industri 4.0 telah merubah kurikulum pembelajaran dari spesialisasi menuju pembelajaran yang generalis. Mahasiswa, bahkan dosen pun dituntut untuk mampu berpikir independen dan inovatif.

Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII, Prof Dr. Ir. Soeprapto DEA saat wisuda semester genap tahun akademik 2018/2019, Sabtu, (19/10) memberi wejangan tentang apa yang harus dipunyai lulusan untuk lewati revolusi industri 4.0.

“Menurut saya yang terpenting 4C dan 1E. Critical Thinking, Creativity, Collaboration dan Communication itu kuncinya. Tapi satu lagi yang terpenting punyai Ethics atau etika,” tutur Soeprapto.

Pesan terakhirnya, Unikama disebut Soeprapto adalah perguruan tinggi yang bagus. “Maka mustahil anda tidak bagus, anda alumni yang bagus, anda pasti berhasil di masyarakat,” pesannya disambut tepuk tangan peserta yang hadir.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido