Wisata Pulau Pasir

Wisata Pulau Pasir

DRINGU – Keberadaan Pulau Pasir, di Kecamatan Gending, mulai mendapat perhatian serius Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo. Kini, Dispora Parbud berusaha memaksimalkan potensi wisata pulau yang tak jauh dari Pantai Bentar, di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending ini.

Kepala Dispora Parbud Kabupaten Probolinggo M. Sidik Wijanarko mengatakan, pihaknya berencana mengelola dan akan me-launching-nya tahun ini.

“Rencananya tahun ini memang akan kami launching agar warga bisa menikmatinya. Tapi, untuk me-launching wisata baru ini kami masih melakukan sejumlah pembenahan,” ujarnya, Sabtu (10/2).

Sidik mengatakan, destinasi wisata baru ini akan diberi nama Pulau Pasir atau Pulau Cinta. Nama itu dipilih setelah melihat keberadaannya yang tidak jauh dari Pantai Bentar dan pasirnya sangat indah. Tahun ini, Sidik mengaku, akan membangun sebuah dermaga yang menghubungkan Pantai Bentar dengan Pulau Pasir. “Kalau sudah terhubung enak, sudah bisa dilihat masyarakat luas. Tapi, belum tahu kapan akan dibuka untuk umum,” ujarnya.

Selain akan membangun dermaga, di sana juga akan disediakan pasar kuliner. Salah satunya kuliner ikan asap yang banyak ditekuni warga sekitar Pantai Bentar. “Kabupaten Probolinggo juga terkenal dengan aneka ikan asap. Untuk mengembangkan potensi itu, kami juga akan membangun sebuah pasar di pulau itu. Enak sekalian liburan dan menikmati ikan asap di tepi pantai,” ujar Sidik.

Pengunjung yang berlibur ke Pulau Pasir juga akan dimanjakan dengan berbagai hal. Salah satunya keindahan hutan mangrove. Wisatawan bisa mengelilingi hutan mangrove dengan berjalan di anjungan yang telah dibangun oleh Pemkab. “Ini untuk mengangkat dunia pariwisata di Kabupaten Probolinggo. Serta, agar wisatawan yang datang ke Bentar tidak hanya menikmati wisata Pantai Bentar. Tapi, juga bisa menikmati indahnya Pulau Pasir,” ujarnya.