What's On Today: Mengintip Kemengahan Candi Borobudur

Peresmian Candi Borobudur 10 Agustus 1973@MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET– Tanggal 10 Agustus merupakan hari dimana salah satu keajaiban dunia yang berada di Indonesia, Candi Borobudur diresmikan. Lebih tepatnya, Candi Borobudur resmi dilakukan pemugarannya oleh Presiden Soeharto pada 10 Agustus 1973.

Borobudur merupakan candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang. Candi ini didirikan oleh penganut agama Buddha Mahayana pada sekitar tahun 800 Masehi. Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia.

Candi ini sepanjang sejarahnya hingga sekarang tidak selalu berjaya. Borobudur sempat ditelantarkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam. Namun, berkat Sir Thomas Stamford Raffles, Borobudur ditemukan kemabali pada 1814.

Sejak ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa, Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran (perbaikan kembali). Proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun waktu 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO.Tidak berselang lama, situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia

Pada saat ini, Borobudur selain digunakan sebagai salah satu objek wisata sejarah bagi para turis, tempat ini juga masih digunakan sebagai tempat ziarah. Umat Buddha dari seluruh Indonesia dan mancanegara akan berkumpul di candi Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak.