What To Do On Weekend? Take A Weekend Job!

You’re only young once, seek opportunities as much as you can! Having fun di masa muda boleh-boleh aja, tapi jangan lupa kalau kalian punya banyak kesempatan buat bekal di masa depan. Misalnya, isi waktu kosong di akhir pekan dengan ambil weekend job. Apa saja jenis weekend job yang bisa dipilih? Here we go!

FREELANCE PHOTOGRAPHER
A photograph keeps memories from going away, jadi alasan kenapa banyak orang pingin mengabadikan momen terbaiknya dalam sebuah foto. Thanks to freelance photographer for make it happen! Umumnya, seorang freelance photographer biasa di-hire untuk ngefotoin special event. Misalnya wisuda, nikahan, gathering, atau travelling. Selain event, gak jarang jasa freelance photographer dipakai untuk urusan bisnis seperti bikin katalog produk.

You only need a camera for this job, tapi kalau ada budget lebih bisa tambah tools seperti lensa atau lighting agar hasil foto makin oke. Well, meskipun skill photography udah cukup, punya skill videography dan photo/video editing bisa nambah service yang ditawarkan! Otomatis, fee yang didapat juga akan lebih! Punya tools dan skill yang dibutuhin tapi ngerasa fisik lemah? better not sign up for this job. Karena freelance photographer diharuskan stand by untuk ngefoto dalam waktu gak sebentar di berbagai tempat yang berpindah. You definitely need extra energy!

WEDDING OR EVENT ORGANIZER
Basically, jobdesc dari Wedding Organizer (WO) dan Event Organizer (EO) gak jauh beda. Sama-sama handle dan bertanggung jawab atas jalannya suatu acara. Sesuai namanya, kalau WO khusus untuk acara wedding, sedangkan EO jenis acaranya lebih beragam. Sistem kerja dalam WO dan EO adalah tim, meskipun judulnya pekerja bebas tapi tetap harus ikutin rules dari organizer-nya.

Jobdesk yang akan didapat biasanya nyesuaiin dengan skill yang kalian punya. Tapi, gak jarang juga bakal dapat jobdesk berbeda di tiap project-nya. Gak heran kalau multi tasking dan team work jadi modal yang wajib dipunya buat peminat freelance di WO atau EO. Buat sebagian orang kerjaan ini emang melelahkan, padahal gak ngerti aja kalau banget manfaat yang bisa didapat! Misalnya, skill public speaking makin terasah dengan sering ketemu klien, bisa disiplin waktu buat ngikutin ritme kerja yang cepat, serta mengasah kemampuan untuk berpikir kreatif dan solutif. Dare to join the WO and EO club?



TUTOR
SUDAH seminggu penuh belajar di sekolah dan tempat bimbel, akhir pekan jadi momen yang pas buat menghabiskan waktu belajar nonakademis. Whoops, kesempatan buat kamu nih yang udah punya modal skill yang bisa ditularkan. Bisa main biola atau gitar? Jadi guru les privat seni musik! Dulu mantan anak dance atau cheers? Jadi tutor ekskul dong!

Jago desain dan editing? Bisa tuh bikin mini workshop! Masih banyak lagi yang bisa dieksplor asal pintar melihat peluang dan kesempatan.

Basic rule for a tutor, kenali target muridmu dan cara berkomunikasi dengan mereka! Meski udah super jago di bidangmu, kamu perlu menemukan metode mengajar yang tepat buat si calon murid supaya “ilmu”-mu bisa mereka serap. For this job, patience is the key! Sebagai nilai plus, kamu juga harus bisa kreatif dan asik biar gak jadi tutor yang ngebosenin. Biasanya sih tutor akan dibayar sesuai jumlah pertemuan. So, being a good tutor will make them stay and..voila, you’ll be paid even higher!

TOUR GUIDE
KALAU biasanya di akhir pekan kita butuh liburan dengan mengeluarkan uang. Kenapa nggak, sembari liburan kita mendapatkan uang? Yup, kalau kamu hobi traveling, tertarik di bidang pariwisata dan organizing, serta punya skill public speaking, freelance tour guide is fit for you! Kamu masih bisa menjalankan aktivitasmu di weekday dan jalan-jalan sambil kerja di weekend. Perfect, isn’t it?

Kalau masih belum bisa jadi tour guide secara mandiri, coba deh cari informasi lowongan di travel agent di kotamu. Eits, pastikan sebelum sign up buat job ini, kamu udah punya bekal pengetahuan luas tentang dunia traveling dan pariwisata, fisik dan mental yang kuat, serta terbiasa dengan problem-solving ya. Pekerjaan lapangan, siapa yang tahu bakal ada masalah apa di jalan kan?

Anyway, tour guide is a traveler with lots of responsibilities. Meski begitu, usahamu bakal terbayar kok dengan keuntungan yang bakal didapetin. Mulai dari “jalan-jalan gratis”, punya jaringan luas, hingga tambahan uang jajan. Tertarik buat coba?

Pewarta : Zhavirra Noor Rivdha dan Ananada Triana
Grafis : Muhammad Dzulhan
Editor : Indra M