Wasto Tantang Satpol PP Putari Bundaran Tugu

Ada pemandangan tidak biasa di area Balai Kota Malang kemarin (19/1). Sebab, Sekkota (Sekretaris Kota) Wasto ”menantang” para personel satpol PP (satuan polisi pamong praja) untuk berlari mengelilingi bundaran Alun-Alun Tugu. Apa jadinya jika pejabat tinggi di lingkungan Pemkot (Pemerintah Kota) Malang itu berlari bersama bawahannya?

MALANG KOTA – Ada pemandangan tidak biasa di area Balai Kota Malang kemarin (19/1). Sebab, Sekkota (Sekretaris Kota) Wasto ”menantang” para personel satpol PP (satuan polisi pamong praja) untuk berlari mengelilingi bundaran Alun-Alun Tugu. Apa jadinya jika pejabat tinggi di lingkungan Pemkot (Pemerintah Kota) Malang itu berlari bersama bawahannya?

Aksi lari pagi itu digelar usai apel di area Tarekot (Taman Rekreasi Kota). Setelah memimpin apel pagi yang digelar rutin setiap Jumat, Wasto mengajak seluruh personel satpol PP berolahraga bareng. Mulai pucuk pimpinan hingga personel bawahan di institusi penegak perda (peraturan daerah) itu diajak berlari bersama-sama.

Wasto bersama puluhan personel satpol PP berlari melintasi rute yang sudah disepakati. Yakni, start dan finis di area Tarekot. Sedangkan rute yang dipilih Jalan Simpang Majapahit, memutari Alun-Alun Tugu, dan kembali ke Tarketot lagi.

Selama berlari, pejabat eselon II A Pemkot Malang tersebut tampak bersemangat. Dia mengenakan kaus warna merah, sementara para personel satpol PP berseragam dinas lengkap beserta atributnya. ”Kegiatan ini (lari bersama satpol PP) adalah inisiatif spontan yang sengaja saya lakukan untuk memberikan contoh pada ASN (aparatur sipil negara) di OPD (organisasi perangkat daerah) lain di Kota Malang. Saya ingin menumbuhkan kecintaan mereka untuk berolahraga,” tutur Wasto usai berlari bersama puluhan personel satpol PP kemarin.

Wasto berharap, kegiatan tersebut bisa menumbuhkan kecintaan ASN terhadap olahraga. Wasto yakin, jika para ASN rutin berolahraga, tubuhnya akan selalu sehat. Dengan tubuh yang selalu sehat, ASN bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. ”Ke depan saya berharap agar seluruh ASN di Kota Malang kembali menghidupkan olahraga pagi bersama-sama, khususnya setiap Jumat pagi di halaman Tarekot,” katanya.



”Tujuannya juga untuk terus meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan di lingkungan Pemerintah Kota Malang,” tambah mantan kepala Barenlitbang (Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan) Kota Malang itu.

Pewarta : Aris Syaiful
Penyunting : Mahmudan
Copy Editor : Dwi Lindawati