Waspada! Ini Daerah Rawan Longsor Di Kota Batu

KOTA BATU – Musim hujan tiba, Kota Batu waspada bencana. Beberapa hari terakhir, setidaknya di beberapa titik lokasi di kota wisata ini telah mengalami longsor.

Terkait hal tersebut, warga Kota Batu perlu tahu dalam mewaspadai tempat – tempat rawan longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu telah memetakan daerah rawan bencana di 2018.

Koordinator Pusdalops BPBD Batu, Ismu Buana menyatakan pemetaan rawan bencana ini dibuat berdasarkan data curah hujan, daerah lokasi penduduk, dan lain sebagainya. Dengan harapan setiap daerah siap siaga.

“Ini kan dibuat berdasarkan dari kejadian yang terjadi sebelumnya. Tapi ini bukan prediksi ya, ini tidak lebih dari peringatan dini. Apalagi saat masuk musim hujan, dari informasi ini kami mengharapkan masyarakat lebih awas dan waspada,” ungkapnya.

Diketahui untuk bencana longsor di Kecamatan Batu dengan intensitas tertinggi ada di kelurahan Songgojerto dan Pesanggrahan. Untuk potensi sedang meliputi wilayah kelurahan Sumberejo, Sidomulyo, dan Temas. Intensitas rendah di kelurahan Ngaglik , Oro – Oro Ombo.



Sementara di kecamatan Junrejo hampir disemua kelurahan berpotensi sedang ke rendah. Yakni kelurahan Tlekung, Junrejo, Beji, Mojorejo, Pendem, Torongrejo, Dadaprejo. Sedangkan Kecamatan Bumiaji intensitas tertinggi di kelurahan Tulungrejo, dan Gunung Sari, Sumber Brantas hampir mendekati. Potensi sedang di wilayah kelurahan Sumbergondo, Bulukerto, Bumiaji. Dan sisanya potensi rendah di kelurahan Giripurno dan Pandanrejo.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Fia