Waspada Hujan Lebat di Dua Kecamatan

KARANGPLOSO – Jelang penghujung tahun 2018, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Karangploso mengeluarkan peringatan terjadinya intensitas hujan tinggi. Menurut mereka, ada dua kecamatan di Kabupaten Malang yang berpotensi terimbas hujan lebat. Yakni Kecamatan Lawang dan Jabung. ”Intensitasnya hujannya antara 1.500 mm per kubik, itu di atas angka normal,” Kepala BMKG Karangploso Aminudin Alroniri.

Tidak ada estimasi waktu pasti kapan hujan lebat itu bakal berlangsung. Karena dari prediksi awal BMKG Karangploso, kondisi itu mulai berlaku sejak Oktober lalu. ”Untuk dua wilayah utara itu masyarakat sebaiknya tetap waspada,” sambungnya. Cuaca ekstrem tersebut menurut dia terjadi karena fenomena El Nino sedang. Atau meningkatnya suhu permukaan air laut pasific di bagian timur.

Kondisi itu membuat musim hujan di Indonesia bagian timur sedikit molor. Baru insentif terjadi mulai bulan November lalu. Kondisi itu sudah berimbas pada sejumlah bencana. Di Malang Selatan sempat terjadi banjir dan tanah longsor. Di Pakisaji dan Kepanjen sempat terjadi musibah pohon tumbang. Sesuai prediksi petugas, ancaman bencana tetap akan mengintai selama musim hujan.

Pewarta: Miftahul Huda
Penyunting: Bayu Mulya