Waskita Karya Incar Proyek Kereta Semicepat

JawaPos.com – Proyek kereta semicepat Jakarta–Surabaya menarik minat PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi itu mengincar pembangunan jalur lintas kereta api sepanjang 715 kilometer dan subgrade-nya. Pemerintah pusat menargetkan pembangunan mulai 2022 mendatang.

Direktur Operasi II PT Waskita Karya (Persero) Tbk Bambang Rianto menyatakan bahwa proyek incaran tersebut bakal digarap PT Waskita Beton Precast Tbk alias WSBP, anak usaha perseroan.

“Bahkan, udah ada pabrik yang kami siapkan untuk perkeretaapian,” ujarnya, Rabu (2/10).

Saat ini, menurut Bambang, WSBP sedang mendiversifikasi bisnisnya pada sektor infrastruktur kereta api. Sebelumnya, WSBP menghasilkan produk bantalan rel kereta api tipe 1067 yang sudah teruji oleh laboratorium independen.

Produk itu berfungsi sebagai landasan rel bertumpu yang mampu menahan laju kereta api dan menahan beban kecepatan kereta maksimal hingga 120 kilometer per jam.

Pemerintah melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI) memiliki sejumlah proyek yang menggunakan bantalan rel tersebut. Di antaranya, proyek revitalisasi atau penghidupan kembali jalur kereta api yang mati dan double track jalur kereta api Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, serta Sumatera.

“Sertifikasi sudah punya juga. Kami sedang memasarkan produk di Makassar”.

Untuk merealisasikan proyek, pemerintah akhirnya menggandeng Jepang. Kereta semicepat itu ditargetkan beroperasi pada 2024. Namun, pada tahun tersebut, kereta itu baru akan beroperasi sampai Cirebon saja. Saat ini pemerintah sedang membangun lintasan rel baru Jakarta–Semarang.