Warga Pakis dan Kromengan Jadi Duta Anti Narkoba

KEPANJEN – Setelah melalui serangkaian proses seleksi berjenjang, Sabtu (20/7) malam lalu, nama Gilang Putra Permana dan Jessica Maranatha Virgin akhirnya terpilih menjadi Duta Anti Narkoba Kabupaten Malang.

Sesuai tupoksi, keduanya akan membantu BNN Kabupaten Malang untuk menggeber sejumlah sosialisasi terkait bahaya narkoba. Tugas itu bakal diemban keduanya sampai 2021 mendatang.

Jessica yang ditemui koran ini usai acara mengaku tak menyangka bila dirinya yang bakal menjadi kandidat terpilih. Sebelumnya, dia bersama Gilang memang harus bersaing dengan 150-an pemuda untuk menjadi Duta Anti Narkoba.

Jessica mengakui, ajang tersebut bukan kali pertama dia ikuti. Ajang serupa juga pernah diikutinya. Warga Desa Slorok, Kecamatan Kromengan, ini pernah menyandang status sebagai juara pertama pelajar pelopor tertib lalu lintas di Kabupaten Malang.

Di sekolahnya, yakni SMA Negeri 1 Kepanjen, dia juga sempat dipercaya menjadi duta sekolah. Kepercayaan itu dia emban tahun 2018 lalu. ”Beberapa perlombaan memang sudah pernah saya ikuti.



Sebelumnya saya juga mengikuti pemilihan Putri Kartini 2019,” terang dia. Hal serupa juga kerap dilakukan Gilang. Bedanya, warga Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, ini lebih sering mengikuti lomba serupa di beberapa perusahaan.

”Terakhir yang saya ikuti itu lomba Business Plan dari Nutrifood,” kata siswa SMA Diponegoro Tumpang tersebut. Mendapat mandat baru sebagai Duta Anti Narkoba, sejumlah persiapan sudah dilakukannya.

”Saya ingin menekan angka pengguna narkoba agar berkurang dengan cara sosialisasi, khususnya ke teman-teman sebaya saya,” tambah Gilang.  Pendekatan kepada kaum remaja memang sengaja dilakukan BNN Kabupaten Malang dalam ajang pemilihan Duta Anti Narkoba tersebut.

Tema khusus, yakni Milenial Sehat tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas turut diusung mereka. ”Event ini menjadi gambaran keprihatinan kami terhadap penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.

Ini yang harus terus ditekan,” terang Kepala BNN Kabupaten Malang Letkol Laut (PM) Agus Musrichin. Hal serupa juga turut disampaikan Kepala BNN Provinsi Jawa Timur Bambang Priyambada yang turut hadir Sabtu (20/7) malam lalu. Selain dia, Plt Bupati Malang HM Sanusi dan sejumlah pejabat di Kabupaten Malang diketahui turut hadir.

Pewarta : nr10, nr9
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Bayu Mulya