Warga Jubeli Layanan E-KTP Langsung Jadi

MALANG KOTA – Ratusan warga tumpah ruah di Jalan Gajah Mada, tepatnya di depan gedung dewan kemarin (20/2). Mereka berjubel bukan untuk menggelar demo, tapi tertarik memanfaatkan layanan pembuatan e-KTP. Layanan tersebut menjadi bagian dari pameran ekonomi kreatif yang digelar di halaman Balai Kota Malang.

Di antara ratusan pengunjung, sebagian di antaranya para remaja dan pelajar. Seperti Azizah, 17, warga Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, ini juga terlihat ikut antrean. ”Kalau rumah saya tidak jauh dari kantor yang nyetak KTP (dispendukcapil, Red), tapi datang ke sini karena bareng sama teman-teman, jadi ramai,” katanya. Dia mengaku mengurus e-KTP setelah mendapat sosialisasi tentang pentingnya menyukseskan Pilpres 2019.

Sekretaris Dispendukcapil Kota Malang Slamet Utomo menyatakan, layanan perekaman dan cetak e-KTP di samping Balai Kota Malang tersebut juga dalam rangka menyambut HUT ke-105 Kota Malang. ”Di acara ini, sebenarnya sasaran kami yaitu remaja atau para pemilih pemula,” terangnya.

Hanya, pihaknya tidak bisa membendung animo warga yang memanfaatkan momen tersebut untuk mengurus e-KTP. Umumnya, mereka mengurus e-KTP karena kartu identitas yang lama hilang maupun rusak. ”Tapi, tetap kami layani juga di sini,” ujarnya di lokasi.


Meski banyaknya pemohon yang datang, Dispendukcapil Kota Malang tetap mengandalkan tiga alat perekam dan empat alat pencetak. Prosesnya pun hanya butuh 3–5 menit untuk perekaman identitas, setelah itu e-KTP langsung jadi. ”Yang datang ke sini juga boleh melakukan perekaman, nunggu cetaknya nanti diambil di kelurahan. Karena kami distribusikan ke kelurahan, hasil cetak yang belum diambil pemiliknya,” imbuhnya.

Pewarta               : Fajrus Shidiq
Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Ahmad Yani
Fotografer          : Darmono