Warga Batu Makin Tertib, Pelanggar Lalin Di Operasi Zebra Turun Drastis

KOTA BATU – 619 pelanggaran pengendara ditemukan dalam Operasi Zebra 2018 yang digelar Polres Kota Batu. Operasi tersebut dilakukan mulai 30 Oktober hingga 12 November 2018 lalu.

Meski tingkat pelanggaran berkendara di tahun 2018 dinilai menurun, namun jumlah pelanggaran tetap harus diberikan tindakan. Ada beragam tindak pelanggaran yang dilakukan pengendara motor diantaranya tidak menggunakan helm berstandart SNI sebanyak 244, tidak menggunakan sabuk keselamatan sebanyak 10, melawan arus dengan sengaja sebanyak 185,
dan pengendara di bawah umur sebanyak 127.

“Pelanggar terbanyak dari pengendara yang belum menggunakan helm berstandart SNI. Tapi tahun ini menurun drastis ya. Di tahun 2017 mencapai 2000 pelanggar, kali ini di 2018 menurun jauh hingga 619 pelanggar,” ujar Kasatgas Gakkum Operasi Zebra 2018, Ipda Anton Hendri, Selasa (13/11).

Menurunnya jumlah pelanggaran tersebut menandakan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam berkendara jauh lebih meningkat.

“Memang target kami dengan Operasi Zebra ini mampu menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam berkendara,” imbuh Anton.



Dari hasil pelanggaran pengendara tersebut, tindakan yang dilakukan pihak Polres Batu yakni melakukan penilangan di tempat dan memberikan teguran.

“Kami berikan surat tilang dan teguran ditempat saat melakukan pelanggaran itu,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Shuvia Rahma