Wapres Jusuf Kalla Manggut-Manggut Disuguhi Robot Sumo di Kampus UMM

Wapres Jusuf Kalla saat meninjau stan yang memamerkan karya robot di UMM

MALANG KOTA – Moment kedatangan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla tak mau di sia – siakan begitu saja bagi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (6/4). Ya, mereka memamerkan produk hasil penelitian karya terbaik mahasiswa milik Lembaga Semi Otonom (LSO) Mekatronik dan Robotika Fakultas Teknik UMM.

Karya yang dipamerkan dari LSO Mekatronik ini merupakan sebuah mobil yang pernah memenangkan medali perunggu pada Seoul International Invention Fair (SIIF). Sedangkan LSO Robotika memamerkan robot pemadam api, robot soccer, dan robot sumo yang juga pernah memenangkan kompetisi regional dan nasional di tahun 2017.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengajak masyarakat Indonesia untuk menguasai ilmu pengetahuan dalam mengelola potensi yang dimiliki. Salah satunya melihat dari karya – karya mahasiswa ini. Menurutnya, dengan memaksimalkan potensi itu akan menjadikan sebuah bangsa maju dan besar, menghadirkan kemakmuran, keadilan, dan ekonomi yang baik.

“Dengan memaksimalkan potensi yang kita miliki, maka bagaimana kemakmuran kita, keadilan kita, ekonomi kita nantinya akan sama dengan negara – negara lain yang lebih besar dari kita,” ujar pria yang akrab disapa JK itu saat mengisi Festival Kebangsaan di UMM.

Tak hanya itu, dalam kesempatan itu JK turut melihat stand Kampung Wisata Jodipan yang diinisiasi Laboratorium Ilmu Komunikasi UMM, serta puluhan pameran lain dari Universitas Ma Chung dan beberapa SMK seperti SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.



Wakil Direktur 2 DPPM UMM, Joko Sigit Prayugo mengatakan, pameran tersebut sebagai bentuk memperkenalkan produk hasil penelitian dozen dan mahasiswa UMM untuk dikenal industri dan masyarakat luas.

“Pameran produk dan hasil penelitian seperti ini dapat mendekatkan jarak antara institusi pendidikan dengan dunia industri. Sehingga kedepan kita harapkan memunculkan kerjasama yang positif antara para peneliti atau pembuat produk dengan para investor maupun pemerintah,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Humas UMM