Walikota Batu Buka Bursa Inovasi Desa Kota Batu – HUMAS

BATU, Humas – Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko membuka secara resmi kegiatan Bursa Inovasi Desa Kota Batu Tahun 2019 yang diselenggarahkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, di Gedung Rakyat Balaidesa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Sabtu (16/11/2019).
.
Hadir dalam kegiatan ini Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif, Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Batu Zamroni, Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa (BID) Sugeng Purwanto, Kepala Dinas DP3AP2KB Mokhamad Forkan, Perwakilan Camat Bumiaji, Batu dan Junrejo, Kepala Desa Oro-Oro Ombo yang juga ketua Apel (Asosiasi Kepala Desa) Batu Wiweko, Kepala Desa Pandanrejo Abdul Manan serta perwakilan perangkat desa se Kota Batu.
.
Kegiatan diawali dengan menampilkan seni tari dari Forum Anak Kecamatan Bumiaji.
.
Wali Kota Batu dalam sambutannya mengatakan bahwa bursa inovasi desa ini merupakan acara yang sangat luar biasa, tetapi antusiasme desa termasuk camatnya tidak begitu mengapresiasi.
.
Walikota juga mengharapkan kedepan kegiatan semacam ini, juga wajib diikuti seluruh stakeholder yang terkait, termasuk siswa sekolah tujuannya agar bisa memberikan masukan bagi perangkat desa.
.
“Ini adalah hal yang penting kenapa, 10% dari APBD Kota Batu itu diperuntukan ke desa itu jumlah yang besar, kemudian karena banyaknya anggaran inilah tidak bisa dieksekusi karena dana yang dikelola desa tidak bisa diserap 100%. Padahal ketika saya turun kebawah banyak sekali masyarakat masih membutuhkan itukan ironis.,” ungkap walikota.
.
“Ada dana yang tidak terpakai / tidak bisa tersalurkan tetapi kemudian kebutuhan masyarakat dikeluhkan. Padahal kita punya dana kemudian ini ada masalah yang tidak terfasilitasi. Saya mohon kepada kepala desa yang dipilih oleh masyarakat desa tetapi perlu harus diketahui bahwa semua anggaran itu dari pemerintah pusat, provinsi dan kota,” tambahnya.
.
Diakhir sambutannya walikota berharap bisa berkolaborasi dan membuat program untuk memakmurkan dan memajukan masyarakat.
.
“Ini adalah keterkaitan satu sama yang lain saling mendukung yang akhirnya menghasilkan sebuah kolaborasi yang bagus untuk kemaslahatan masyarakat, mudah mudahan kedepan bursa inovasi desa bertambah baik dan menjadikan desa desa semua maju dan banyak manfaat bagi masyarakatnya,” pungkas walikota.
.
Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Mokhamad Forkan, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebuah media belajar bagi masyarakat dan Pemerintah desa untuk memperoleh informasi sehingga diharapkan anggaran desa yang begitu besar tidak hanya fokus pada hal hal yang bersifat infrastruktur/pembangunan fisik saja tetapi ada pembangunan nonfisik/kegiatan yang lebih inovatif lagi, yaitu fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai arahan dari Presiden RI Joko Widodo.
.
Diakhir kegiatan, walikota bersama dengan peserta melaksanakan peninjauan bursa inovasi desa yang sudah disiapkan panitia, dan setelahnya akan dibuatkan komitmen dengan perangkat desa untuk mengembangkan salah satu inovasi yang telah diprentasikan dan diaplikasikan pada desa tersebut.

fotografer : edythink