Wali Kota Malang Siapkan Alat Pendeteksi Lokasi ASN Agar Disiplin

Sutiaji memberikan pengarahan kepada ASN Kota Malang

KOTA MALANG – Wali Kota Malang, Sutiaji siap meluncurkam aplikasi presensi khusus untuk mengontrol kedisiplinan ASN. Hal tersebut disampaikan dalam giat Bimbingan Mental (Bimtek) Revolusi Mental di Hotel Aria Gajayana, Malang, (11/2).

“Melayani itu bukan saja kewajiban tapi kebutuhan. Kita baru bisa sepenuh hati dan itu menjadi komitmen. Salah satunya lewat aplikasi presensi,” ujarnya.

Dibuat dalam bentuk aplikasi online. Nantinya, para tidak harus datang untuk absen melalu finger print. Namun cukup mengetuk layar smartphonennya masing-masing. “Jadi ngga ada alasan untuk ASN tidak absen karena mesinnya rusak arau bermasalah,” tambah dia.

Bahkan, aplikasi ini juga terhubung dengan GPS. Sehingga bisa mengontrol lokasi dan kinerja seluruh pegawai pemerintah . Hal ini menjadi salah satu upaya Pemkot untuk mengasah revolusi mental dalam melayani masyarakat. Sekaligus sebagai penentu tunjangan kinerja.

“Kemarin saya sudah minta ada chip-nya di dalam aplikasi. Jadi kalau ada GPS di hp ini, ketika orang (ASN) itu kemana akan kelihatan. Kalau tandanya earna merah, berada dia luar kantor,” tandasnya.

Menurut Sutiaji, aplikasi tersebut sudah ada namun masih dalam tahap uji coba. “Sesegera mungkin kalau ngga tahun ini ya tahun depan,” tutup pria berkacamata itu.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Feni Yusnia