Wali Kota Malang Dorong Kelanjutan Tol Mapan Sampai Kepanjen

Presiden Joko Widodo meresmikan tol Malang Pandaan, Senin (13/5)

KOTA MALANG – Tol Malang-Pandaan (Mapan) usai sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin (13/5) pagi tadi di Exit Tol Singosari, Kabupaten Malang. Wali Kota Malang, Sutiaji yang tadi turut hadir mendampingini orang nomor satu di Indonesia ini mengaku antusias dengan dibukanya tol Mapan seksi I, II dan III ini.

Namun, ia berharap Tol Mapan ini mampu terus dibangun hingga tembus ke Kepanjen, Kabupaten Malang. “Kami menunggu rencana dari Kementerian PUPR yang memang berencana membangun tol ini sampai ke Kepanjen,” ujar pria berkacamata ini.

Menurutnya, Tol Mapan akan mampu mengurai kemacetan di daerah Kabupaten Malang seperti Lawang, hingga Singosari. “Tapi untuk Kota Malang, kemacetan saya rasa sementara akan berimbas di sekitaran Arjosari,” tambahnya.

Nantinya, jika jadi terus memanjang hingga Kepanjen, Sutiaji mengatakan akan banyak spot-spot kemacetan di Kota Malang yang bisa dikurangi kepadatannya, khususnya di Jalan Mayjend Sungkono, maupun Jalan Gatot Subroto, Kota Malang yang selalu ramai kendaraan dan truk besar yang kemudian berimbas hasilkan kemacetan. Maka dari itu, dia berharap pembangunan seksi IV dan V Tol Mapan bisa dipercepat penyelesaiannya.

“Ya harapannya agar tidak terjadi penumpukan kendaraan lagi, khususnya truk-truk besar di sekitaran Jalan Ahmad Yani hingga Araya. Kami masih menunggu keputusan pemerintah pusat dengan rencana membangun tol ini sampai ke Kepanjen,” tutup Sutiaji.



Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Rubianto