Wajib Tahu! 9 Health and Beauty Hacks Dari Petroleum Jelly

 

RADARMALANGID – Saat melewati rak kecantikan atau kesehatan, tak jarang kita menemukan produk bernama petroleum jelly. Warnanya putih kekuningan dengan tekstur pekat.

Dilansir melalui Healthline (16/10), petroleum jelly atau petrolatum merupakan campuran minyak-minyak mineral dan lilin, hingga membentuk zat semi-padat yang mirip tekstur jelly.

Uniknya, produk ini sudah berumur satu setengah abad lho! Pada tahun 1859, Robert Augustus Chesebrough, menyadari jika para pekerja minyak di Pennsylvania menggunakan lilin batangan untuk menyembuhkan luka bakar. Penasaran, Chesebrough pun memurnikan lilin tersebut dan menjadi gel yang lebih ringan. Produk tersebut dipatenkan dengan nama Vaseline hingga saat ini.

Lantas, apa sih kegunaan jelly yang satu ini?

1. Sembuhkan Luka Bakar dan Goresan Ringan

Studi dari US National Library of Medicine National Institutes of Health menyebutkan bahwa petroleum jelly efektif untuk menjaga kulit tetap lembab saat masa penyembuhan pasca operasi, gatal akibat gesekan popok, atau pada goresan kulit ringan. Sebelum mengoles, pastikan kulit sudah bersih dan tidak terinfeksi. Agara bakteri tidak terperangkap dan memperlambat proses penyembuhan.

2. Pelembab Kulit Wajah dan Tubuh

Berfungsi sebagai pelembab, petroleum jelly dapat dimanfaatkan sebagai pengganti losion untuk mencegah dan menyembuhkan kulit kering. Pada tumit kasar, oleskan petroleum jelly setelah merendam kaki di air hangat dicampur garam. Janga lupa memakai kaus kaki setelahnya agar kaki terlindung. Untuk bibir pecah-pecah, cukup gunakan jelly ini sebagai lipbalm sebelum beraktifitas.

3. Make Up Remover

Produk ini aman digunakan di area wajah dan mata. Kandungan minyak di dalam petroleum jelly ampuh untuk membersihkan make up, bahkan yang sulit hilang seperti lem bulu mata dan mascara. Oleskan petroleum jelly secara mata di atas make up membandel, tunggu sejenak, lalu gosok secara perlahan. Dengan cara ini, membersihkan wajah akan lebih mudah.

4. Samarkan Rambut Bercabang

Petroleum jelly dapat digunakan untuk menyamarkan rambut kering dan bercabang akibat paparan debu atau sinar matahari. Aplikasikan secara lembut dan perlahan dengan jari-jari tangan kepada helai rambut yang rusak. Selain memberi tampilan sehat, gel ini akan membuat rambut bersinar.

5. Cegah Luberan Kuteks dan Cat Rambut

Sebelum menggunakan kuteks atau cat rambut, oleskan petroleum jelly di garis pemisah antara kulit dan kuku atau rambut. Pastikan semua garis terlapisi sempurna agar tidak ada cat yang bocor. Penggunaan petroleum jelly akan mencegah cat kuku dan rambut meluber dan menempel di kulit.

6. Higlighter

Ambil secuil petroleum jelly, lalu usapkan di tulang pipi, dagu, atau ujung alis. Teksturnya yang sedikit berminyak cukup oke untuk dijadikan highliter pada make up, tampilan glowing alami pun dengan mudah didapat. Penggunaan gel berlebihan akan membuat wajah tampak oily. So, gunakan sedikit saja ya!

7. Buat Betis Bersinar

Ingin megenakan dress pendek tapi betis terlihat kusam? Tenang, oleskan saja campuran petroleum jelly dan sedikit bronzer cair. Formula ini akan membuat betis terlihat bersinar seketika

8. Parfum Menempel Lebih Lama

Suka sebal bau parfum cepat hilang? Petroleum jelly bisa jadi solusi. Aplikasikan di belakang telinga, leher, pergelangan tangan, atau titik semprot lainnya. Setelah itu langsung ditimpa dengan parfum saja. Parfum pun dijamin bakal awet seharian.

9. Lubrikan Untuk Cincin dan Anting

Ada kalanya cincin atau anting susah terlepas atau terpasang. Jika dipaksakan, tentu akan melukai kulit. Petroleum jelly dapat digunakan sebagai lubrikan yang aman untuk memudahkan pelepasan cincing atau pemasangan anting tanpa terasa sakit.

Petroleum jelly memang sudah terbukti punya segudang manfat. Tapi, perlu diingat juga bahwa produk ini mungkin tidak cocok untuk sebagian orang. Segera stop penggunaan saat kulit menunjukkan reaksi alergi. Lalu, selalu pastikan kulit bersih sebelum penggunann petroleum jelly untuk mengindari infeksi jamur atau bakteri.

Nama : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa

Editor: Indra M