Waduh, Puluhan Ribu Foto Pengguna Tinder Perempuan Dibagikan Tanpa Izin ke Forum Kejahatan Siber

RADARMALANGID – Anda yang bermain aplikasi kencan online sebaiknya berhati-hati. Pasalnya, lebih dari 70 ribu foto perempuan pengguna Tinder dibagikan tanpa izin pada suatu forum kejahatan siber. Hal ini berpotensi merugikan pengguna dalam jangka panjang dalam hal penipuan dan pelanggaran privasi.

Dikutip dari Fox Business (21/1), Aaron DeVera, peneliti di Cybersecurity White Ops mengatakan telah menemukan hampir 16 ribu foto pengguna Tinder di website yang biasa dikenal sebagai trading malware.

“Data sejenis ini umumnya menarik para penipu, biasa digunakan sebagai koleksi akun palsu untuk meyakinkan korban di platform lain,” ujar DeVera.

“Stalker atau penguntit biasanya menggunakan cara yang lebih tertarget, dalam upaya untuk menambah koleksi data yang digunakan secara individu,” sambungnya.

DeVera mengatakan kepada Gizmodo bahwa foto-foto tersebut itu dikaitkan dengan file teks yang berisi sekitar 16.000 ID pengguna Tinder. Untuk sementara, mengubah kata sandi akun dapat menjadi langkah awal untuk melindungi privasi pengguna Tinder.

Lebih lanjut, belum diketahui secara pasti apakah Tinder menginformasikan pengguna yang terkena kejahatan siber ini.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Money