Waduh, Pikiran Ternyata Juga Bisa Bikin Kita Sakit

KOTA MALANG – Puncak rangkaian peringatan hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 di Kota Malang bakal dilaksanakan pada Sabtu (17/11) besok di lapangan Rampal. Sejumlah aksi digeber di tempat tersebut, termasuk salah satunya sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Salah satu yang menjadi konsentrasi Dinkes Kota Malang pada kegiatan besok adalah olahraga rutin. Sesuai dengan poin Germas yang dicanangkan Kementerian Kesehatan, olahraga jadi poin penting dalam sebuah gerakan hidup sehat.

“Minimal olahraga itu 30 menit dalam sehari, dan itu wajib dilakukan,” terang Kepala Dinkes Kota Malang, Dr dr Tri Asih Rachmi Nuswantari MM.

Olahraga yang dilakukan pun menurut Asih sangat fleksibel, tergantung dari kebutuhan tubuh. “Artinya begini, seseorang yang sudah tua misalnya, ya jangan olahraga lari, tapi jalan, gitu,” lanjutnya.

Olahraga dengan berjalan, walau kedengarannya sepele, ternyata punya hasil yang sangat bagus. “Karena dia nggak ngoyo, tapi bisa untuk membakar lemak, refreshing,” sebut wanit berjilbab ini.



Sakit atau sehat menurutnya ditentukan oleh perilaku dan yang paling utama itu pikiran. “Jadi kalau pikiran kita ngeres, berfikir aku nanti sakit misalnya, ya jatuhnya akan tersugesti bakal sakit,” urainya.

Pikiran sedikit banyak dapat menyebabkan hormon pemicu stress muncul sehingga menjadikan tubuh tidak sehat. “Maka dari itu harus olahraga terus, refreshing juga, itu nantinya yang membuat hormon hormon yang bagus salah satunya hormon endorphin akan keluar,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido E
Foto: Elfran Vido E
Penyunting : Shuvia Rahma