Waduh ! Kota Batu Nggak Dapat Bosda SMA/SMK?

KOTA BATU – Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) bagi siswa – siswi SMA/SMK di Kota Batu baru kemungkianan tidak akan tersalurkan dalam waktu dekat. Pasalnya Gubernur Jawa Timur masih akan melakukan peninjauan terkait titik – titik mana saja yang tidak menyerap bantuan dengan baik.

“Bantuan SPP itu kan sifatnya Badan Keuangan Daerah (BKD), maka sebetulnya kita ingin menyisir titik – titik mana yang ternyata bantuan itu tidak terserap dengan baik. Karena BOSDA ini baru akan terlaksana Juli nanti,” ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa ditemui saat melakukan kunjungan ke Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia (YPPI) Batu.

Ia menambahkan jika daerah akan memberikan bantuan keuangan untuk siswa – siswi SMA/SMK itu harus melalui Badan Keuangan (BK). “Itu melalui BK, saya rasa Batu sudah memulai itu. Kan ini ibaratnya bantuan keuangan untuk SMA/SMK yang dititipkan ke Pemprov, nantinya akan masuk ke kasi dana. Jadi itulah yang harus dikembalikan dan digunajan sesuai dengan peruntukan semula,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk mengatasi bantuan dana bagi siswa – siswi SMA yang belum terealisasikan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu akan memberikan bantuan siswa sebagai pengganti BOSDA.

“Bantuan BOSDA diberhentikan sejenak, tapi tetap ada yakni Bantuan Siswa. Karena kami tidak mungkin memberikan bantuan melalui provinsi untuk anak didik kami, masa kami ingin membiayai siswa di Batu kok nggak boleh,” ungkapnya.



Pewarta: Arifina
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Arifina