Waduh, Jemaah Haji Indonesia Hilang di Makkah

Selfie Itu Bukti Sudah Menunaikan Haji, Jangan Dilarang dong - JPNN.COM

Sabtu, 31 Agustus 2019 – 19:49 WIB

jpnn.com, JAKARTA – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi belum menemukan Tapsirin Wajat Ratam (82), jemaah haji asal Palembang. Jemaah kloter 11 embarkasi Palembang (PLM 11) ini terpisah dari rombongan sejak di Muzdalifah, tepatnya saat pemberangkatan menuju Mina.

Saat bus akan berangkat, Tapsirin izin ke toilet. Sejak itu, warga Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarame Palembang, Sumatera Selatan ini tidak nampak. PLM 11 sudah mendarat di Tanah Air pada Selasa (27/8).

PPIH Arab Saudi sudah melakukan pencarian sejak jemaah tersebut dilaporkan terpisah dari rombongan. Kabid Perlindungan Jemaah (Linjam) PPIH Jaetul Muchlis menjelaskan, pencarian Tapsirin dilakukan bertahap. Tahap awal, petugas kloter bersama jemaah pada malam itu juga melakukan pencarian hingga pukul 07.30 Waktu Arab Saudi (WAS), 11 Agustus 2019. Mereka menyusuri wilayah maktab 50 sampai 60, namun tidak ada hasil.

“Karena belum ditemukan, siang harinya TPHD (Tim Petugas Haji Daerah) Kloter PLM 11 melaporkan masalah Tapsirin ke petugas di tenda Misi Haji Mina,” jelas Jaetul Muchlis dalam keterangan resminya, Sabtu (31/8).

BACA JUGA: 32 Kloter Jemaah Haji Indonesia Dapat Fasilitas Eyab

Laporan tentang Tapsirin segera ditindaklanjuti petugas perlindungan jemaah Satgas Mina. Mereka menyusuri seluruh toilet di Muzdalifah, tenda Mina, sepanjang jalur jamarat hingga ke Masjidil Haram. Namun, Tapsirin belum juga diketemukan hingga berakhirnya masa operasional di Mina tanggal 14 Agustus 2019.

“Kami bahkan melakukan penyisiran dengan jalan kaki dari Muzdalifah menuju Mina sejauh 7 km,” tuturnya.

Tahap selanjutnya, pencarian dialihkan ke hotel-hotel jemaah kloter Palembang. Sebab, sempat beredar kabar bahwa Tapsirin telah kembali ke hotel. Namun, setelah dikonfirmasi kepada keluarga dan rombongannya, informasi tersebut tidak benar.

BERITA LAINNYA INDEKS BERITA