Wabup Sanusi Minta Umat Islam Tidak Mengadakan Takbir Keliling

Wabub Sanusi (tengah) dalam kegiatan pemusnahan miras bersama Forkopimda di Polres Malang

MALANG – Wakil Bupati Malang, HM Sanusi meminta kepada masyarakat agar tak menggelar takbir keliling di Kabupaten Malang. Menurutnya, ia lebih senang kalau takbir dilaksanakan di masjid atau musala di sekitar rumah tinggal masing-masing. Walaupun gelaran takbir keliling menurutnya seolah sudah menjadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan di lingkungan Kabupaten Malang, ia berharap perayaan semacam ini dapat diminimalisir dan sebisa mungkin tidak digelar.

“Ini agar ibadah kita semua bisa khusyuk dan tentunya bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat takbir keliling,” kata Sanusi saat rapat koordinasi bersama Forkopimda setempat dalam apel Ops Ketupat Semeru 2019 di Mapolres Malang, beberapa hari lalu.

Bila tetap ngotot melaksanakan takbir keliling, Sanusi hanya berpesan para penyelenggara bisa berkoordinasi dengan pihak keamanan di wilayahnya dan mematuhi aturan yang ada. “Saya minta ditaati, dan yang harus dijaga bersama. Libatkan juga petugas keamanan, karena ini sekali lagi demi keamanan dan kenyamanan ibadah masyarakat semuanya,” tandasnya.

Sanusi tidak ingin ajang yang sejatinya digunakan untuk memuji keagungan Tuhan ini digunakan sebagai ajang hura-hura oleh oknum kelompok yang tidak bertanggungjawab.

“Petasan juga, saya minta jangan dijadikan kebiasaan. Sudah banyak contoh yang membuat kerugian baik materi maupun jiwa gara-gara kasus petasan ini,” kata Sanusi. Ia ingin masyarakat tidak membakar petasan di bulan Ramadan sampai menjelang malam Idul Fitri tiba.



Dalam pengamanan ini, Pemerintah Kabupaten Malang akan bersinergi dengan pihak kepolisian dan tentara nasional dalam memberikan rasa aman dan nyaman di beberapa hari menjelang Idul Fitri dalam bentuk Ops ketupat Semeru 2019.

Sanusi mengimbau potensi yang diperkirakan dapat menganggu kekhusyuan masyarakat dalam beribadah menjelang akhir ramadan bisa diminimalisir oleh tim gabungan TNI-Polri ini.

“Kita akan jaga kondusifitas wilayah dan meminimalisir kejahatan jalanan, keamanan, keselamatan, ketertiban dan sebisa mungkin tetap menjaga arus kelancaran lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan,” ujar Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung yang jug hadir dalam acara.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido