WA Ketua Bawaslu Dibajak, Isi Pesannya Seperti Ini

KOTA BATU – Agus Susanto, jurnalis media Online terkejut ketika menerima pesan via WhatsApp (WA) dari Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu Abdur Rochman. Sebab, dalam pesannya, Rochman ingin meminjam uang sebesar Rp 3 juta.

“Hubungan saya dengan Ketua Bawaslu hanya sebatas antar wartawan dan narasumber saja. Tentu saya kaget ketika beliau meminjam uang Rp. 3 Juta ke saya,” terang Agus.

Tentu saja, Agus tidak serta merta percaya. Apalagi ketika Rochman menyertakan nomor rekening yang bukan atas namanya. Yakni Bank BNI Syariah dengan nomor rekening 0843224513 atas nama Setiawan.

Agus lantas mencoba mengkonfirmasi ini langsung kepada Rochman, dan mendapati fakta bahwa nomor WA-nya telah dibajak.

Mengetahui hal tersebut, Agus lantas mengirim pesan si pengguna akun WA Rochman. Dia mengancam akan melaporkan pada Aparat Penegak Hukum. “Namun tiba-tiba (pesan) nomor rekening dihapus dan saya diblokir,” jelas Agus.



Diwawancarai terpisah, Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rohman mengungkapkan tidak hanya Agus yang hampir menjadi korban. Namun beberapa rekan sejawatnya di Jogjakarta mendapatkan pesan serupa.

“Beruntung teman-teman saya mengkonfirmasi terlebih dahulu dan saya menjelaskan tidak pernah meminjam uang,” ungkap Rohman.

Ia juga menjelaskan kepada media yang mengenal dirinya tidak mudah terjebak dengan modus peminjaman dan mengkonfirmasi terlebih dahulu melalui telepon. “Saya masih menunggu siapa saja yang mengkonfirmasi kepada saya dan total korbannya akan saya laporkan kepada pihak yang berwenang,” tutup Rochman.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Editor :Indra M