Virus Korona Bisa Hambat Peluncuran Sony PS5 dan Xbox Terbaru

JawaPos.com – RADARMALANG.ID – Konsol game generasi berikutnya dari Sony yakni PlayStation 5 (PS 5) dan Xbox Series X yang sangat ditunggu-tunggu para gamers mungkin akan tertunda peluncurannya. Semula, kedua perangkat gaming tersebut dijadwalkan bakal diungkap pada musim liburan 2020 ini atau pada momen Natal dan Tahun Baru.

Penundaan dari kedua konsol tersebut untuk diluncurkan sebagai akibat dari wabah virus korona yang sedang melanda Tiongkok. Kekhawatiran wabah virus tersebut juga diantisipasi oleh banyak negara di seluruh dunia.

Soal PS 5 dan Xbox terbaru yang akan tertunda peluncurannya karena virus korona, diprediksi oleh sumber yang dekat dengan industri rantai pasokan kedua konsol tersebut. Laporan sebagaimana dilansir JawaPos.com – RADARMALANG.ID dari Gizchina, Rabu (12/2), datang dari orang dalam industri pasokan di Tiongkok.

Laporan menyebutkan, wabah virus korona saat ini dapat memperlambat atau justru mengubah proses pembuatan. Yang berarti kedua konsol game tersebut dapat ditunda beberapa minggu atau bulan. Bahkan bisa jadi hadir dalam jumlah yang jauh sangat terbatas dari yang diharapkan.

Tak perlu dijelaskan lagi, konsol generasi berikutnya dari Sony dan Microsoft, sebagian besar diproduksi di Tiongkok. Selain itu, banyak komponen penunjangnya juga dibuat di sana, tempat di mana wabah virus korona baru pertama kali berasal. Jadi, perlambatan di beberapa lini produksi karena virus korona dapat memiliki efek domino di setiap bagian dari proses pembuatannya.

Sebelumnya, Daniel Ahmad, seorang analis industri videogame mengatakan bahwa Sony, Microsoft dan Nintendo memiliki 96 persen konsol yang diimpor ke Amerika Serikat (AS) pada 2018. Semunaya diproduksi di Tiongkok. Oleh karena itu, wabah virus korona dapat berdampak pada proses manufaktur, mengingat pemerintah setempat juga membatasi aktivitas masyarakat di sana.

Selain itu, menghentikan atau memperlambat produksi tidak hanya berarti menunda konsol generasi berikutnya. Tetapi juga dapat menyebabkan kekurangan di pasar konsol saat ini. Sebab, Nintendo Switch. Nintendo Switch, konsol game saat ini merupakan perangkat yang sangat populer. Nintendo akhirnya juga gagal memenuhi permintaan pelanggan karena wabah virus korona.

Sejauh menyangkut spesifikasi, kita seharusnya tidak melihat perubahan dari kebocoran sebelumnya. Ini berarti PlayStation 5 dan Xbox terbaru akan mengemas CPU octa-core Zen 2 dengan teknologi SMT AMD Radeon RDNA Navi GPU core yang dibuat khusus. Kedua konsol tersebut juga diprediksi akan hadir dengan dukungan teknologi Ray Tracing (setidaknya di Xbox), Dukungan refresh rate 4K, 8K, 120hz solid state drive dan banyak lagi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto