Viral Yel Yel '2019 Ganti Presiden', Buwas: Pramuka Tak Berpolitik






JawaPos.com – Video tentang sekelompok siswa mengenakan seragam Pramuka dan meneriakkan yel-yel ‘2019 ganti Presiden’ viral di dunia maya. Hal itu pun membuat Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Budi Waseso atau biasa dikenal dengan Buwas angkat bicara.





“Saya perlu menyingkapi ini, karena Pramuka tidak berpolitik. Dan Pramuka bukan kekuatan Partai ya,” ungkapnya di Gedung Kwarnas, Jalan Medan Merdeka Timur No.6, Jakarta Pusat, Selasa (16/10).







Dirinya pun memastikan yang ada di dalam video tersebut bukan lah segaram Pramuka, melainkan hanya mirip. Pihaknya telah mendalami video yang biral tersebut, bersama dengan tim dari Kwarnas dan Kwarda. “Kami berkesimpulan bahwa ternyata mereka memang bukan Pramuka,” tegasnya.





Dirinya tidak rela jika Pramuka diciderai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti yang ada dalam video tersebut. “Karena dari awal saya tidak setuju dan tidak yakin kalau ini dilakukan oleh Pramuka. Saya tidak mau Pramuka diciderai oleh sekelompok orang yang seolah-olah mereka itu adalah Pramuka, padahal bukan,” ucapnya.





Sebelumnya sebuah video yang menampilkan puluhan bocah berpakaian Pramuka didampingi beberapa orang dewasa yang teriakkan yel-yel ‘2019 ganti Presiden’ viral di media sosial. Dalam video yang berdurasi 1 menit itu anak-anak melakukan hal itu dengan instruksi dari beberapa orang dewasa yang berada di dekatnya.





(dik/JPC)