Viral! Tweet Tahun 2012 Prediksikan Kematian Kobe Bryant

RADARMALANGID – Legenda NBA, Kobe Bryant, dan putrinya, Gianna Maria-Onore Bryant, dilaporkan tewas akibat kecelakaan helikopter pada Minggu (26/1). Di tengah-tengah ungkapan duka pada dua pemain basket ini, sebuah cuitan yang memprediksikan nasib Bryant mendadak viral.

Tweet tersebut dibuat pada 14 November 2012 silam oleh sebuah akun bernama @dotNoso. “Kobe akan berakhir mati di kecelakaan helikopter,” tulisnya. Meski telah berselang 8 tahun, cuitan tersebut melejit kembali pasca kecelakaan yang menewaskan Bryant.

Tweet tersebut mendapatkan hampir 150ribu retweet, 275 ribu like, dan 182 ribu balasan. Akun dengan 34,4ribu pengikut tersebut sontak dibanjiri reaksi yang campur aduk.

Ada yang menghujat dan memintanya untuk menghapus pernyataan tersebut, ada pula yang menenangkan dengan bilang bahwa tweet tersebut hanya kebetulan dan sebuah cuitan bukan lah penyebabnya.

Beberapa menuding bahwa tweet berlabel ‘Carbon v2.5’ itu merupakan tweet hasil suntingan. Namun, aplikasi Twitter Carbon hanya dapat melakukan API (Application Programming Interface) yang diperbolehkan oleh Twitter. Memodifikasi tweet, seperti tanggal dan isinya, adalah hal yang tak diperbolehkan.

Meski begitu, melalui cuitan-cuitan terbarunya, diketahui bahwa pemilik akun @dotNoso tersebut merupakan penggemar berat dunia basket, khususnya Bryant. Ia turut mengungkapkan kesedihannya. “Sebagian dari jiwaku telah mati hari ini. Kobe adalah bagian BESAR dalam hidupku. Ia membawa kebahagiaan, cita, senyum dan kini air mata dan luka. Idola. Mentor. Pahlawan. Legenda selamanya. RIP untuk Kobe dan Gigi,” cuitnya pada (27/1).

Kematian mantan tim basket Lakers yang pensiun pada 2016 lalu tersebut mendapat ucapan belasungkawa dari deretan kawan pebasket, selebriti, hingga penggemar. Seperti Shaq, Kareem Abdul-Jabbar, Michael Jordan, hingga Barack Obama dan Donald Trump.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia