Viral di Sosmed, Ini Jawaban Menohok Najwa Shihab Soal Peran Perempuan

 

RADARMALANGID – Baru-baru ini, Najwa Shihab atau yang dikenal dengan sapaan Mbak Nana, menjadi trending topic di media sosial gara-gara jawaban menohoknya mengenai peranan perempuan. Seperti apa kata Najwa?

Najwa menjadi trending topic di Twitter pada Kamis (21/11) setelah penampilannya sebagai bintang tamu di acara Opera Van Java yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta menarik atensi warganet. Dalam acara tersebut, pembawa program Mata Najwa itu diwawancara oleh Denny Cagur.

“Jika disuruh memilih, jurnalis atau ibu rumah tangga?” tanya Denny Cagur kepada Najwa.

“Kenapa perempuan harus disuruh memilih? Bukankah kita bisa mendapatkan keduanya? Pertanyaan itu seolah-olah membuat perempuan tak berdaya,” balas Najwa, disambut tepuk tangan penonton.

Mendapat jawaban menohok dari Najwa, Denny hanya terpana. Dia pun meminta bantuan kru televisi untuk kembali membalas Najwa.

Belum sempat Denny menjawab, wanita pendiri Narasi TV itu kembali melanjutkan kalimatnya soal peranan perempuan.

“Setiap perempuan itu multi peran. Saya bisa menjadi ibu, menjadi istri, dan jurnalis,” ujarnya.

Denny yang tak bisa menjawab pun malah melontarkan candaan, “Tapi kamu bisa nggak jadi ibu dari anak-anakku?” tanyanya lagi, yang malah membuat Najwa bingung menjawab.

Najwa pun kembali menegaskan, bahwa perempuan memiliki banyak peran, sama seperti pria.

“Kamu nggak pernah kan ditanya mau jadi ayah atau pelawak, dua-duanya bisa kan,” katanya pada Denny.

Najwa Shihab yang pernah terpilih sebagai salah satu wanita yang paling dikagumi di dunia itu memang kerap menyuarakan soal kesetaraan gender. Baru-baru ini, Najwa juga pernah mengungkapkan mengapa wanita sulit menjadi seorang pemimpin akibat seksisme yang masih kerap terjadi di dunia nyata.

“Masih banyak pria yang tak mau mengakui peran kepemimpinan seorang wanita. Wanita harus bekerja keras untuk dianggap serius. Banyak wanita jadi korban seksisme dari kolega, bahkan keluarga yang membuat mereka ragu dan insecure untuk mencapai kapabilitas tinggi,” tandas Najwa dalam sebuah wawancara berbeda dalam suatu event.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa