Video Gajah Merokok Hebohkan Dunia, Ternyata

Video Gajah Merokok Hebohkan Dunia, Ternyata - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE, NEW DELHI – Video Vinay Kumar hanya berdurasi 48 detik. Namun, rekaman yang menunjukkan seekor gajah merokok tersebut sukses menyedot perhatian dunia.

Padahal, selama hampir dua tahun Kumar mengabaikan rekaman itu karena tidak yakin bakal ada gunanya jika disebarluaskan.

’’Saya tidak tahu apakah rekaman itu penting atau tidak,’’ kata Kumar, ilmuwan Wildlife Conservation Society (WCS) India, sebagaimana dikutip BBC kemarin, Selasa (27/3).

Pada April 2016, dia dan rekan-rekannya sesama ilmuwan melakukan riset di Hutan Nagarhole, Negara Bagian Karnataka, India. Pagi itu tujuan mereka memeriksa kamera pengawas yang sengaja dipasang untuk merekam aktivitas harimau.

Saat itu dia melihat seekor gajah betina yang berdiri sekitar 50 meter dari kamera yang sedang diperiksa. Dia lantas mengubah fokus ke gajah betina itu.

’’Gajah tersebut mendekati bara api yang ada di lokasi tersebut. Dia menghirup, lantas mengepulkan kembali asapnya,’’ ucap Kumar.

Publik menyebut gajah betina dalam rekaman video itu merokok. Peristiwa tersebut baru kali pertama diketahui.

Varun R. Goswami, ahli biologi gajah, menengarai gajah betina itu tidak sedang merokok. ’’Sepertinya ia tertarik pada kayu yang sudah menjadi arang di sisa-sisa pembakaran tersebut. Untuk bisa mengambilnya, dia harus meniup asap di atasnya lebih dulu. Aktivitas itulah yang terlihat seperti merokok,’’ jelasnya sebagaimana dikutip Times of India. Arang, lanjut dia, punya sifat mengikat racun. Bagi binatang, arang bisa menjadi obat. (hep/c15/dos)

Sumber : Jawa Pos