Vettel Juara GP Hungaria, Ferrari Kuasai Podium

Vettel menyelesaikan balapan di posisi paling depan di Sirkuit Hungaroring, dengan unggul satu detik di depan Raikkonen. Sementara, pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, melengkapi podium dengan finis di posisi ketiga. Rekan Bottas di Mercedes, Lewis Hamilton harus puas di urutan keempat.

Sejak start, duo Ferrari memang sudah melesat terdepan jelang tikungan pertama. Sementara, pembalap Red Bull, Max Verstappen, melakukan start yang bagus dan berusaha merangsek ke posisi ketiga. Tapi pemuda asal Belanda itu didorong keluar oleh Bottas di tikungan pertama.

Akibatnya, Verstappen kehilangan momentum saat menuju Tikungan 2, dan Ricciardo mengambil sisi luar rekan setimnya tersebut. Namun, Verstappen mengalami understeer dan menabrak sisi kiri mobil Ricciardo.

Verstappen masih bisa melanjutkan balapannya, tapi mobil Ricciardo terlihat mengeluarkan cairan. Pembalap asal Australia itu kemudian melintir di Tikungan 3, memaksa banyak pembalap melakukan manuver menghindar. Ricciardo akhirnya tersingkir dan mobil Safety Car pun diterjunkan.

Balapan kembali dilanjutkan pada putaran keenam. Verstappen langsung mendapat ancaman dari Hamilton dalam perebutan posisi keempat. Kabar buruk menimpanya beberapa putaran kemudian. Setelah dilakukan investigasi, pengawas balapan mengganjar Verstappen dengan hukuman tambahan waktu 10 detik karena bersalah dalam insiden dengan Ricciardo.

Memasuki putaran ke-15, Ferrari masih menguasai dua posisi terdepan. Vettel membangun jarak keunggulan 3,3 detik di depan Raikkonen yang berada 5 detik di depan Bottas. Perlahan-lahan, Raikkonen memangkas ketertinggalannya menjadi 1,8 detik di belakang Vettel yang melaporkan adanya masalah setir.

Vettel melakukan pitstop pada putaran ke-33, sementara Raikkonen pada satu putaran berikutnya. Saat bergabung kembali ke lintasan, Raikkonen hanya terpaut satu detik di belakang Vettel.

Masalah setir yang dialami Vettel membuat Raikkonen tertahan dan duo Mercedes mulai mendekat. Vettel mendapat instruksi dari timnya untuk sebisa mungkin menghindari kerb lintasan.

Pada putaran ke-45, Bottas memberikan jalan kepada Hamilton yang kini berusaha mengejar duo Ferrari. “Jika saya tidak bisa menyalip mereka [Ferrari], saya akan memberikan posisi ini kembali,” janji Hamilton kepada timya, dan Bottas.

Sejak Hamilton naik ke posisi tiga, Vettel dan Raikkonen tampak bisa meningkatkan laju mereka. Jelang sepuluh putaran terakhir Raikkonen tidak bisa mengancam Vetel. Saat bendera finis dikibaskan, Vettel berhasil melintasi garis finis di urutan pertama di depan Raikkonen.

Hamilton memenuhi janjinya dan memberikan jalan kepada Bottas tepat sebelum garis finis. Satu-satunya pembalap Red Bull, Verstappen, finis urutan kelima.

Hasil GP Hungaria, Minggu (30/7):

Posisi  Pembalap    Tim          Gap
1. Sebastian Vettel – Ferrari  1:39’46.713
2. Kimi Raikkonen – Ferrari  +0.908
3. Valtteri Bottas – Mercedes  +12.462
4. Lewis Hamilton – Mercedes  +12.885
5. Max Verstappen – Red Bull  +13.276
6. Fernando Alonso – McLaren  +71.223
7. Carlos Sainz Jr. – Toro Rosso  +1 lap
8. Sergio Perez – Force India  +1 lap
9. Esteban Ocon – Force India  +1 lap
10. Stoffel Vandoorne – McLaren  +1 lap
11. Kevin Magnussen – Haas  +1 lap
12. Daniil Kvyat – Toro Rosso  +1 lap
13. Jolyon Palmer – Renault  +1 lap
14. Lance Stroll – Williams  +1 lap
15. Pascal Wehrlein – Sauber  +2 laps
16. Marcus Ericsson – Sauber  +2 laps
17. Nico Hulkenberg – Renault
Paul di Resta – Williams
Romain Grosjean – Haas
Daniel Ricciardo – Red Bull


(ira/JPC)