Vatikan Bantah Paus Frasiskus bilang Neraka tak Ada!

Vatikan Bantah Paus Frasiskus bilang Neraka tak Ada!

Seperti dilansir Vox pada Jumat, (30/3), Paus Fransiskus mengatakannya kepada jurnalis Eugenio Scalfari, mereka tidak dihukum. Mereka yang bertobat mendapatkan pengampunan Tuhan dan mengambil tempat di antara barisan orang-orang yang merenungkannya, tetapi mereka yang tidak bertobat dan tidak dapat diampuni lenyap. Neraka tidak ada, hilangnya jiwa yang berdosa ada. Begitu isi pernyataan Paus Fransiskus yang mengundang kontroversi.

Hubungan Paus Fransiskus dengan Scalfari telah menyulitkan Departemen Komunikasi Vatikan. Hingga saat ini, Vatikan menyangkal Paus mengatakan hal tersebut, itu bisa saja misinterpretasi yang salah dipahami oleh Scalfari.

Sebab jika Paus benar-benar mengucapkan kata-kata itu, konsekuensinya akan menjadi bencana bagi Gereja Katolik, yang menurut katekismenya sendiri menegaskan ajaran neraka dan kekekalannya, termasuk keberadaan api abadi.

Vatikan segera mengkritik akun Scalfari, mengatakan, kutipan dalam artikel itu bukanlah pernyataan dari Paus Fransiskus.

Ini bukan pertama kalinya Scalfari, seorang ateis, telah menerbitkan sebuah pernyataan kontroversial yang dikaitkan dengan Paus Fransiskus.



Scalfari tidak menggunakan alat perekam, dia juga tidak mencatat. Sebaliknya, ia merekonstruksi percakapannya dengan paus Fransiskus hanya dari ingatan.


(ina/JPC)