Valentine Tahun Ini, Penjualan Bunga Mawar Menurun

KOTA MALANG – Valentine identik dengan bunga, terutama mawar. Peringatan hari kasih sayang itu harusnya jadi momen bagus bagi bisnis penjualan bunga mawar di Kota Malang.

Tapi nyatanya, tidak pedagang bunga di Kota Malang ‘panen’ di momen Valentine ini. “Setiap tahun, peminatnya menurun,” kata May, salah satu pedagang bunga mawar di Pasar Splendid Kota Malang.

Tahun ini, May rata-rata menerima 10 pesanan buket bunga per minggu. Jauh menurun ketimbang tahun-taun sebelumnya. Begitu pun dengan tujuan pengiriman. Bila sebelumnya dia bisa mengirim hingga ke Pasuruan dan Probolinggo, tapi sekarang cukup di dalam kota saja.

May mengatakan, satu tangkai mawar dihargai Rp 5 ribu. Sedangkan buket bunga dijual bervariasi. Mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 1 juta.

Menurut May, maraknya marketplace online diduga menjadi salah satu penyebab menurunnya jumlah pesanan bunga. Selain itu, ada pula himbauan melarang perayaan Valentine di sejumlah kota juga ikut memengaruhi.

Hal serupa juga di alami oleh Opik, pedagang bunga lainnya. Opik biasa mengirim buket bunga mawar untuk perayaan Valentine di restoran dan kantor. “Biasanya udah mulai ngambil pesenan sebelumnya ” tuturnya.

Pewarta & Foto : Viona Alvioniza
Editor : Indra M