Usut Tumpahan Minyak di Karawang, KLHK Bentuk Tim Khusus

Usut Tumpahan Minyak di Karawang, KLHK Bentuk Tim Khusus - JPNN.COM

jpnn.com, KARAWANG – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menerangkan, pihaknya telah membentuk tim khusus mengusut kasus tumpahan minyak PT Pertamina di Karawang, Jawa Barat.

Skip Adv

Bahkan, KLHK bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggandeng pemerintah daerah memberi arahan kepada masyarakat mengurangi aktivitas di sekitaran tumpahan minyak.

“Hari pertama saya minta langsung dipandu karena kan tidak boleh ada pencemaran kepada masyarakat. Hari kedua Wamen Arcandra turun, beliau telepon saya, saya bilang anak-anak sudah di lapangan. Saya membentuk tim kecil juga untuk mengikuti secara intern,” ujar dia di Jakarta, Senin (5/8).



BACA JUGA: Nelayan di Karawang Apresiasi Kesigapan Pertamina Tangani Tumpahan Minyak

Siti menambahkan, tim bentukannya itu secara intensif melakukan komunikasi dengan pemda sehingga bisa menjaga rakyatnya.

“Jangan buat apa, atau boleh buat apa. Karena kalau salah sedikit itu bisa ngebakar kebakaran dan bisa ada yang meninggal dan lain-lain,” tambah Siti.

Ketika disinggung soal sanksi, Siti mengaku belum memikirkannya. Menurut dia, pemerintah masih melakukan kajian secara lengkap.

“Nanti dulu dong masa sudah mau langsung sanksi saja, makanya supaya jangan apa-apa main disanksi, dari awal dia harus sudah diguide, karena kan pemerintah harus menjaga semua,” tandas Siti. (cuy/jpnn)