Usung Dua Sasaran dalam TMMD Ke-106

KEPANJEN – Kodim 0818 Malang-Batu tengah bersiap menggeber acara tahunan bertajuk TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Tahun ini adalah tahun ke-106 acara tersebut digelar.  Kasdim 0818 Mayor Inf Teguh Prastowo mengatakan, TMMD pada 2019 bakal digelar di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, pada 2–31 Oktober.

Ada dua sasaran kegiatan yang diusung kodim. Yakni, sasaran fisik dan nonfisik. Sasaran fisik yakni upaya bantuan terhadap pengerjaan pengerasan jalan dan pengerjaan rabat jalan. ”Ini sebenarnya kegiatan dari disnaker dan dilaksanakan secara padat karya atau murni dilakukan oleh masyarakat serta dibantu personel kami,” terang Teguh.

Para personel TNI juga bakal diturunkan untuk membantu program dari pemerintah daerah. Seperti pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH), kemudian pengerjaan proyek jamban, pipanisasi, pembuatan MCK, pembuatan plengsengan, dan rehab musala. Untuk sasaran nonfisik, Teguh menjelaskan sejumlah poin yang jadi goal-nya.

”Total kegiatan nonfisik ada 22 item. Ada dari dispendukcapil seperti melakukan kegiatan layanan administrasi kependudukan keliling. Kemudian juga ada pelatihan dari dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD), yakni pelatihan tentang lembaga kemasyarakatan,” paparnya.

Dia berharap, program TMMD tahun ini bisa tepat sasaran dan mampu membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. ”Yang terpenting adalah TMMD ke-106 sukses dalam pelaksanaannya dan hasilnya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Desa Kedungsalam,” tutupnya.

Pewarta : nr6
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya