Usia Harapan Hidup Masyarakat Kota Malang Terus Naik dari Tahun ke Tahun

KOTA MALANG – Usaha Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang yang menggencarkan berbagai program kesehatan mereka termasuk salah satunya adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) rupanya berhasil. Hal itu menurut Kepala Dinkes Kota Malang ditandai dengan naiknya usia harapan hidup di Kota Malang.

“Melihat derajat kesejahteraan di Kota Malang adalah melihat usia harapan hidup, dimana usia harapan hidup di Kota Malang saat ini adalah mencapai 72,77 persen,” papar Dr dr Asih Tri Rachmi Nuswantari MM, Kepala Dinkes Kota Malang.

Diakui Asih, jumlah itu jika menengok ke tahun per tahun sudah naik sekitar 0,6 persen hingga 0,7 persen. “Sehingga harapan kami di tahun 2023 mencapai angka 73,10 persen,” lanjutnya.

Namun, Wali Kota Malang, Sutiaji berharap hal tersebut bisa direalisasikan di tahun 2021. “Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat bahwa kita harus lebih bisa menjaga kesehatan kita,” papar wanita berjilbab ini.

Selain mendorong masyarakat untuk bergaya hidup sehat dan terus menjaga kesehatan, Dinkes pastinya juga tidak akan ketinggalan untuk terus menerapkan program program berkualitas mereka. “Kita harus galakkan program sehat mulai bayi dalam kandungan,” sebut Asih.



Tidak saja bayi dalam kandungan, tapi saat ini Dinkes sudah mulai menerapkan kesehatan remaja putri dalam persiapan mendatang menuju kehamilan. “Jadi kita persiapkan mulai dini, harapannya nantinya jika sudah lahir maka bayi akan ikut sehat,” tutupnya.

Hal ini tentu tidak bisa jika hanya dijalankan oleh pihak Dinas Kesehatan. Maka dari itu pihaknya bisa mendapat dukungan dari pihak lain termasuk Kader Posyandu dan Bidan

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting : Shuvia Rahma