Usai Dilantik, Giliran Panwascam Rekrut PPL

Rekrutmen pengawas pemilihan lapangan (PPL) menjadi tugas para panitia pengawas kecamatan (panwascam) setelah dilantik kemarin (31/10). Sembilan petugas panwascam itu harus segera bergerak untuk mencari 24 petugas PPL. Para petugas PPL itu terdiri dari satu orang di masing-masing desa/kelurahan se-Kota Batu.

KOTA BATURekrutmen pengawas pemilihan lapangan (PPL) menjadi tugas para panitia pengawas kecamatan (panwascam) setelah dilantik kemarin (31/10). Sembilan petugas panwascam itu harus segera bergerak untuk mencari 24 petugas PPL. Para petugas PPL itu terdiri dari satu orang di masing-masing desa/kelurahan se-Kota Batu.

Pencarian petugas itu sekaligus menjadi peluang baik bagi warga Batu yang sedang membutuhkan pekerjaan. Apa lagi, persyaratannya juga relatif mudah. Cukup lulusan SMA/SMK/sederajat, minimal berumur 20 tahun dan tidak terikat dengan kepengurusan partai politik. ”Tiap desa dan kelurahan kuotanya satu petugas PPL. Rekrutmen itu (PPL se-Kota Batu, Red) menjadi tugas pertama yang harus dilakukan panwascam setelah dilantik,” kata Ketua Panwaslu Kota Batu Abdur Rochman ST setelah acara pengambilan sumpah dan pelantikan anggota panwascam se-Kota Batu, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jatim tahun 2018, serta pemilihan umum tahun 2019 di Hotel Aster kemarin.

Menurut dia, panwascam diberi waktu sekitar 1 bulan ke depan untuk melakukan rekrutmen tersebut. Dengan demikian, setelah dilantik, para panwascam ini diimbau segera mempersiapkan agenda rekrutmen. ”Rangkaian rekrutmen sama dengan panwascam. Dimulai dari pendaftaran dulu, baru ikut serangkaian tes,” ungkapnya.

Dia menambahkan, SK 9 panwascam tersebut juga ada dua. Yaitu, untuk pilgub tahun 2018 dan pemilu tahun 2019. ”Karena jarak pelaksanaannya berdekatan antara pilgub,” imbuh pria tiga anak ini.

Sementara itu, Sriani, satu-satu Srikandi yang menjadi anggota panwascam, mengaku, siap untuk menjalankan tugas pertama tersebut. Pihaknya akan segera menyosialisasikan ke warga dan melakukan rekrutmen PPL. ”Kami akan segera lakukan rekrutmen. Karena lebih cepat lebih baik agar persiapannya matang,” kata dia.

Terpisah, Suliyanah yang mewakili Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso berpesan kepada semua anggota panwascam agar patuh pada UU Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dengan begitu, pemilu bisa berjalan sesuai aturan yang ada. ”Panwascam harus profesional dan patuh pada undang-undang,” pesannya.

Pewarta : Imam Nasrodin
Penyunting : Ahmad Yahya
Copy Editor : Indah Setyowati
Fotografer : Imam Nasrodin