Usai Bowo Alpenliebe, Selebriti Bantu Popularitas TikTok di Indonesia

JawaPos.com – RADARMALANG.ID – Aplikasi TikTok yang dulu dianggap sebagai aplikasi alay kini populer atau booming kembali di tanah air. Aplikasi yang memunculkan nama Bowo Alpenliebe dan sempat viral itu malahan sempat disebut berhasil mengalahkan Facebook, Instagram, dan YouTube untuk angka unduhan sepanjang 2019 kemarin berdasarkan firma riset SensorTower.

Kembali booming-nya aplikasi ini di tanah air disambut baik oleh pihak TikTok Indonesia. Donny Eryastha, Head of Public Policy TikTok Indonesia menyampaikan kalau pihaknya senang TikTok bisa naik daun lagi di Indonesia.

“Dari awal fokus kita di user experience, kita selalu berusha meningkatkan pengalaman user biar mereka senang, stay dan bisa pakai TikTok terus. Kalau memang sekarang makin hangat sambutannya, ya itu alhamdulillah sekali sih kita bersyukur,” ujarnya kepada awak media di Jakarta, Selasa (11/2).

Kepopuleran TikTok yang kian terasa di tanah air kini juga ditopang oleh selebritis kenamaan yang ikut-ikutan menggunakan aplikais tersebut. Bahkan kini, di feed Instagram ramai ditemui video-video pendek TikTok oleh selebritas tanah air.

Kebanyakan video yang tampilkan oleh selebritis tanah air adalah dance cover dengan potongan lagu pendek. Dian Sastrowardoyo, Gisella Anastasia, Marion Zola, Vanessa Angel, Agnez Mo dan bahkan artis senior Slamet Rahardjo juga pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tercatat pernah viral di Instagram karena video TikTok-nya.

Berkenaan dengan hal tersebut, Donny menyebut kalau TikTok kian melejit setelah digunakan para selebritis di Indonesia. Ditanya soal kesempatan marketing gratis platfom TikTok oleh para selebritis, Donny mengamini hal tersebut. “Bisa dibilang seperti itu (marketing gratis),” ucapnya.

Terakhir, dia juga mengatakan kalau Indonesia saat ini menjadi negara prioritas untuk TikTok. Indonesia dilihat sebagai negara penting dari segi user pertumbuhan yang pesat, bukan hanya Asia Tenggara tapi secara global. Untuk kategori pengguna TikTok di Indonesia, Donny menyebut generasi ‘Y’ dan ‘Z’ masih mendominasi.

“Generasi ‘Y’ itu milenial, generasi ‘Z’ itu di bawahnya milenial dengan usia 14-24 tahun. Itu yg paling banyak menggunakan TikTok. Kebanyakan masih di kota besar,” tandasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto