Urusan Protokoler Dapat Perhatian Khusus

KEPANJEN – Sejumlah teknis keprotokolan mendapat perhatian dari Pemkab Malang. Kemarin (9/12) bertempat di Hotel Ollino Garden, Kota Malang, bimbingan teknis (bimtek) terkait hal tersebut digelar pemkab. Perwakilan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan sekretaris kecamatan (sekcam) turut hadir dalam acara itu.

Kasubbag Protokol Humas Pemkab Malang Ellin Vikawati menyebut bila acara itu sengaja digelar agar tidak ada kesalahan dalam keprotokolan. ”Sebut saja rundown acara, tempat duduk yang disediakan untuk pejabat tinggi, kadang kesalahan pada banner yang sudah dicetak juga masih terjadi,” terangnya.

Ellin menambahkan, kesalahan tersebut kerap terjadi dalam suatu acara yang digelar oleh tataran OPD. ”Kalau dari kami karena sudah paham, maka persentase kesalahannya boleh dibilang kecil. Maka dari itu apabila dari OPD bertindak sebagai penyelenggara harus mengetahui aturan-aturan protokoler,” kata dia. ”Bagaimanapun ini harus terus diingat-ingat karena kaitannya sama kepala daerah dan kepatuhan pada aturan,” tambahnya.

Pemateri yang mengisi acara ini yakni Kabag Protokol Biro Humas Pemprov Jatim Pulung Chausar STP MSi. Sejumlah detail protokoler turut dia sampaikan. Seperti peringatan acara resmi pemerintahan, upacara bendera, peringatan hari besar, dan lain sebagainya.

Kegiatan itu pun diapresiasi secara khusus oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Malang Dra Mursyidah Apt MKes. ”Ini adalah cara untuk memberikan penghormatan kepada setiap tamu dan undangan,” terang dia.

Dia berharap materi acara tersebut benar-benar bisa diterapkan tiap OPD. Khususnya saat ada kegiatan terkait kedinasan. ”Tidak menutup kemungkinan jika masing-masing perangkat daerah akan menyelenggarakan acara yang mengundang pejabat tinggi, jadi manfaatkan sebaik mungkin ilmu yang didapat ini,” tambah dia saat memberi sambutan. 

Pewarta : Biyan Mudzaky
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya