Urai Kemacetan, Polres Batu Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

JawaPos.com – Polres Batu telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan pada malam perayaan pergantian Tahun Baru nanti. Salah satunya dengan menutup beberapa jalur yang menuju Alun-alun Kota Batu. 

Kasubbag Humas Polres Batu AKP Supriyanto mengatakan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu telah melakukan koordinasi untuk melakukan serangkaian rekayasa lalu lintas.

“Ada penutupan jalan dan pengalihan jalur. Untuk arah wisatawan dari Malang, Jalan Diponegoro ke arah barat dari Lippo Plaza Batu akan ditutup,” ujarnya.

Pengalihan arus ini dilakukan menyusul akan digelarnya kegiatan Tabligh Akbar yang berpusat di kawasan Alun-alun Kota Batu. Nantinya, selama pelaksanaan tabligh, area sekitar Masjid An Nuur bakal dipenuhi jamaah. Beberapa titik jalan seperti di Jalan Panglima Sudirman dan sekitarnya pun akan digunakan sebagai tempat parkir.

Supriyanto menjelaskan, penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 16.00 WIB hingga selesai. Selama pengalihan arus, petugas penjagaan pun diturunkan, yakni tim gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Banser, PP, dan organisasi masyarakat.

Selain di jalan-jalan tersebut, pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan jalur satu arah. Seperti di simpang tiga Imam Bonjol dan Jalan Dewi Sartika. Tak lupa, pihaknya juga bakal memanfaatkan jalur-jalur alternatif. Hal itu dilakukan untuk mengurai kemacetan panjang di jalur utama menuju Kota Batu.

Pihaknya juga mengimbau bagi wisatawan dari luar daerah untuk memanfaatkan jalur alternatif menuju Kota Batu. Nantinya, untuk kendaraan dari arah Malang akan dilewatkan jalur Karangploso-Bumiaji, Jalur Gunung Wukir, dan Jalur Lintas Barat (Jalibar).

Sementara untuk arus kendaraan yang datang dari wilayah Pujon, Ngantang dan Kediri akan dialihkan melalui jalur Pesanggrahan-Taman Makam Pahlawan (TMP)-Jalan Sultan Agung.

(fis/JPC)