Update Hasil Psikiater, Pelaku Mutilasi Pasar Besar Malang Agresif dan Neurotik

KOTA MALANG – Pemeriksaan terduga pelaku mutilasi mayat wanita, Sugeng, 49, oleh psikiater masih terus diupayakan. Dari hasil awal psikiater, Sugeng memutilasi korban dalam keadaan sadar. Diduga pria berambut gondrong ini juga memiliki sifat agresif, neurotik, inklusif, dan memiliki emosi yang tidak stabil.

“Tidak ada gangguan jiwa, tapi ada gangguan perilaku saat memutilasi. Maka dari itu nanti akan dilakukan pendalaman pemeriksaan terus di RSJ. Intinya dari psikiater menyimpulkan bahwa terduga pelaku adalah orang yang agresif, Neurotik, inklusif, dan emosi tidak stabil,” ujar Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri saat radarmalang.id wawancarai di kantornya, Sabtu (18/5).

Neurotik sendiri merupkan jenis pribadi yang cenderung merespons sesuatu dengan emosi negatif seperti rasa cemas bahkan sampai frustasi.

Lebih lanjut jika terbukti melakukan perilaku dalam keadaan sadar maka Sugeng akan dituntut menggunakan KUHP pasal 181. Sedangkan jika terbukti gila maka sesuai KUHP pasal 44 kasusnya akan gugur.


Untuk selanjutnya jika dinyatakan gangguan jiwa maka akan dilakukan perawatan intensif di RSJ Radjiman Wediodiningrat Lawang. “Untuk biaya kita masih dalami apakah itu nanti tanggungjawab pemerintah atau keluarganya,” tegas dia.

Sampai saat ini Sugeng belum ditetapkan sebagai tersangka karena Polres Malang Kota masih menunggu hasil otopsi dan Labfor. Untuk jasad korban sendiri, hingga kini masih nihil

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah