Upayakan Program Pascasarjana Naik Kelas ke Level Internasional, Unikama Visiting Study ke Malaysia

KOTA MALANG – Upaya Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang) menjadi kampus internasional nampaknya bukan isapan jempol belaka.

Realisasinya sudah mereka mulai sejak dini. Salah satunya dilakukan Program Pascasarjana Unikama yang mengajak dosen, bahkan mahasiswa untuk melakukan visiting study ke tiga Universitas ternama di Malaysia tanggal 7 sampai 11 Oktober 2019 silam.

“Kita melihat fasilitas, juga berdiskusi dengan pemimpin program Pascasarjana di Malaysia tentang bagaimana mereka mengelola program ini. Harapan kami, kita jadi punya gambaran bagaimana Pascasarjana ini ke depan terkait SDM dan fasilitasnya,” jelas Rusfandi, MA PhD, Wakil Direktur Bidang Akademik Program Pascasarjana Unikama.

Mengajak Dosen berjumlah 10 orang plus mahasiswa Pascasarjana berjumlah 25 orang, Rusfandi menyatakan visiting study ini bentuk komitmen Program Pascasarjana Unikama untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Unikama memberangkatkan mahasiswa dan dosen visiting study ke 3 lokasi Universitas yaitu Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Utara Malaysia dan Universiti Tun Abdul Razak (Unirazak).

“Kami punya dua program, untuk mahasiswa kami lakukan site-in program dengan masuk kelas di sana, merasakan suasananya kelasnya, pengajarannya,” tukas Rusfandi.

Harapannya mahasiswa bisa mempunyai wawasan baru bagaimana proses perkuliahan di sana diadakan. Dengan menambah wawasan, akan menambah ilmu.

“Untuk dosen kami inisiasi kerjasama, di samping kita belajar bagaimana pengelolaan Program Pascasarjana di kampus mereka,” tuturnya.

Lewat visiting lecturer, Unikama mengupayakan kerjasama dengan cara saling tukar dosen ke depan. Pascasajana juga mengupayakan research collaboration atau kolaborasi dalam hal penelitian. “Kita bahkan kemarin sudah mengerucut tema-tema penelitian yang bisa kita lakukan bersama dengan mereka,” tuturnya.

Untuk jangka panjang, kunjungan ini juga bertujuan untuk kerjasama dalam hal pengadaan keynote speakers untuk konferensi dengan pembicara tingkat internasional. Pascasarjana Unikama menilai selama ini kesulitan mendapatkan keynote speaker secara internasional.

“Kalau kerjasama ini bisa terjalin, maka pengadaan keynote speaker internasional untuk konferensi akan sangat mudah, harapan kami itu,” kata Rusfandi.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Unikama for radarmalang.id
Penyunting: Fia