Upacara Ala Tempo Dulu di Kromengan, Kabupaten Malang, Begini Keseruannya

KABUPATEN MALANG – Upacara memperingati HUT ke 73 RI di Desa Slorok Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang, Jumat (17/8) berbeda dari yang lain. Peserta upacara menggelar upacara di antara pohon pohon bambu dengan berpakaian tempo dulu.

Ada yang memakai baju khas serdadu Belanda, ada yang memakai baju pejuang Indonesia, pun ada juga yang memakai kebaya layaknya wanita Indonesia di masa lampau.

Sejumlah warga antusias mengikuti upacara. Di lahan tak lebih dari separuh lapangan sepakbola itu berkumpul semua kalangan. Mulai dari anak anak, remaja, dewasa, campur baur memakai baju khas tempo dulu.

Pukul 7.30, upacara dimulai. Layaknya upacara pada umumnya, upacara berjalan lancar dan khidmat. Inspektur upacaranya pun datang dari tetua desa setempat sendiri.

Pengibaran bendera dan pembacaan proklamasi kemerdakaan makin memperkuat semangat nasionalisme. “Kami ingin dengan ikut upacara ini, kita bisa mengingat jasa pahlawan kita, juga supaya anak anak muda tidak melupakan sejarah,” ungkap Samsul Arifin, inspektur upacara.

Tetua desa ini mengatakan selain agar menarik, dipilihnya kostum tempo dulu agar generasi muda bisa merasakan bagaimana suasana upacara tempo dulu. “Menggambarkan ke mereka bagaimana suasana tempo dulu itu,” ujarnya.

Samsul berharap pemuda pemuda agar menghargai jasa jasa pahlawan yang telah gugur di medan perang. “Marilah kita ambil hikmahnya, paling tidak kita hargai dari hal yang kecil dulu, upacara bendera contohnya,” sebutnya.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Elfran Vido