Untung, Tuan Rumah Sedang Pincang

MALANG KOTA – Perjuangan Arema FC meraih kemenangan di markas Persela Jumat (20/9) bakal lebih mudah.  Ini karena Persela sedang kehilangan striker haus golnya, Alex Dos Santos.

Pemain asal Brasil yang menjadi top scorer sementara Liga 1 ini absen karena cedera. Absennya Alex ini tentu menjadi problem bagi tuan rumah. Sebab, selama ini Persela lebih banyak mengandalkan pundi-pundi gol dari Alex.

Tanpa Alex, Persela seperti mati kutu. Tidak ada target man yang membahayakan gawang lawan. Seperti saat Persela melawan Persipura. Tim asuhan Nil Maizar itu kalah 0-1. Lini depan Persela seperti M. Ridwan, Rafael Gomes (Rafinha), dan Delvin Rubino seperti pemain demam panggung ketika  masuk area pertahanan Persipura.

Pelatih Arema FC Milomir Seslija juga mengakui jika kekuatan Persela ada pada Alex Dos Santos. Dia menjadi tumpuan gol tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu. ”Dia best player di Persela Lamongan,” ujar juru taktik asal Bosnia itu.

Meski begitu, Milo menegaskan anak asuhnya tidak boleh lengah. Apa pun itu, Persela tetap tim yang berbahaya. Mengacu pada laga sebelumnya, Arema FC sulit menang saat main di Stadion Surajaya Lamongan. Seperti contohnya, pertemuan mereka di Go-Jek Liga 1 pada (16/11/2018). Hamka Hamzah dkk ketika itu ditumbangkan Persela Lamongan dengan skor 0-4.



Milo menambahkan, tidak bisa bermainnya pemain asal Brasil itu menjadi sebuah keuntungan bagi timnya. Kendati demikian, anak asuhnya tetap butuh perjuangan keras pada pertandingan ke-18 Arema FC di Liga 1 ini untuk bisa meraih poin.  ”Kami harus berjuang mati-matian,” ungkap pelatih dengan lisensi UEFA Pro itu.

Lebih jauh, mantan arsitek Madura United ini menyebut jika Persela bukanlah tim yang hanya bergantung pada satu pemain. Tanpa Alex Dos Santos, masih ada sejumlah pemain yang justru patut diwaspadai. Mereka begitu padu antarlini. Ini harus dilawan dengan strategi permainan cepat.

Arema FC sendiri punya catatan minor saat laga away. Lihat saja, dari 7 partai away di Liga 1 putaran pertama, Hamka Hamzah dkk sudah menelan lima kali kekalahan, satu kali imbang, dan satu kali menang. Satu-satu hasil positif yang telah diperolehnya adalah ketika bertandang ke Padang.

Di sana Arema FC sukses menang atas Semen Padang 1-0 (12/7/). Milo menjelaskan, rekor kurang baik saat bertandang ke markas lawan itu sudah dilakukan evaluasi. ”Pertemuan kemarin sudah kami lupakan.

Dan sekarang tim saya lebih baik,” kata dia. Apabila nanti berhasil menang, Arema FC akan menggeser PSS Sleman yang sekarang ada di peringkat empat dengan poin yang sama dengan mereka yakni 27.

Pewarta : nr9
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib